#PERFOURMMACHINEHEAD : SUBHAN AKSA IS BACK IN WRC2 – 2014 RALLY DE PORTUGAL

747

Subhan Aksa FBRT WRC2 RALLY de Portugal 2014 (11)

Subhan Aksa is back ! Mengawali musim balap 2014 ini, Perally nasional asal kota Makassar,  dan di sponsorin oleh Semen Bosowa ini kembali berlaga di ajang WRC 2 yang memasuki seri ke-4 di negara Portugal dari gelaran akbar World Rally Championship 2014. Dengan kembali mengendarai Ford Fiesta RRC ( Regional Rally Car) nya, Ubang pun siap memulai perjuangannya di awal musim WRC2 nya di Rally of Portugal.

Subhan Aksa FBRT WRC2 RALLY de Portugal 2014 (8)Selain masih penasaran dengan lintasan gravel yang mirip dengan lintasan Indonesia, Subhan juga merasa lintasan disini sangat cocok untuk melatih skill “Lintasannya sangat teknikal. Banyak crest (tikungan buta dan ujungnya tidak kelihatan). Sehingga akurasi pacenote sangat vital.Saya banyak belajar pada tahun lalu dan sekarang ingin lebih banyak belajar lagi disini, khususnya teknik mengemudi maupun set up mobil”, kata Subhan. Bukan hanya ubang saja yang penasaran, Nicola Arena, navigatornya  dari Italia ini juga penasaran dengan rute Portugal yang terbentang sepanjang 1.400 km (339,46 km diantaranya  jadi Special Stage).

Subhan Aksa FBRT WRC2 RALLY de Portugal 2014 (7)

Walaupun medan Rally of Portugal  terkenal akan lintasan  gravelnya yang sering memakan korban hingga kecelakaan fatal, termasuk yang pernah dialami  oleh Subhan Aksa pada tahun 2013. Namun Ubang, panggilan pereli Firna Bosowa Rally Team (FBRT) ini tidak kapok untuk beraksi kembali di reli Portugal ini.

Subhan Aksa FBRT WRC2 RALLY de Portugal 2014 (10)

Meskipun pada tahun lalu mereka mengalami kecelakaanberat di SS6, sehingga mengakibatkan mobil melintir dan masuk jurang yang untungnya masih menyangkut dipohon (tidak seperti Jari/Matti-Latvala  dari Finlandia yang terguling 17 kali saat mobilnya melintir dari perbukitan)

Subhan Aksa FBRT WRC2 RALLY de Portugal 2014 (9)

Meski tidak cidera, Ford Fiesta RRC racikan M-Sport UK milik Ubang rusak parah karena membentur pohon dengan keras. Bukan Cuma mobil saja yang ringsek, tapi gearbox harus diganti utuh. Padahal saat itu mereka berdua  berada di posisi ke-7 WRC2 dengan potensi bisa masuk 5 besar karena deficit waktu yang tipis dengan 2 driver di atasnya.

Subhan Aksa FBRT WRC2 RALLY de Portugal 2014 (13)

Mengawali musim kompetis 2014 di WRC2 ini, Ubang pun memutuskan untuk menggeber kembali Ford Fiesta RRC  M-Sport (Regional Rally Car) yang  musim lalu hanya digunakannya 2 kali di ajang reli dunia. Dan mengistirahatkan Ford Fiesta R5 M-Sport miliknya yang lebih canggih untuk menimba pengalaman di seri ke-4 dari  FIA World Rally Championship (WRC) yang akan digelar pada 3-6 April 2014 di Portugal.

Subhan Aksa FBRT WRC2 RALLY de Portugal 2014 (12)

Ubang yang sudah berada di Portugal semenjak pekan lalu,  dan  mulai menjalani testing pada hari Senin (31/3) bersama M-Sport  di beberapa rute reli ini,  berharap mudah-mudahan  sesi balapnya nanti berlangsung kering . Karena kondisi lintasan bisa berantakan kalau  saja turun hujan, dan tak bakal banyak yang bisa dia pelajari di event ini.

 

*photo by : FBRT

 

 

Stay tune terus di Perfourm.com untuk update terbaru Subhan Aksa dari WRC2  2014 Rally of Portugal 3-6 April 2014.

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

*Hashtag your photo : #PERFOURMACHINEHEAD

*Email your photo and article to : [email protected]

 

 

 

Comments

comments!