THE DAT ASS ROCCO : A 340 HP VW SCIROCCO R

1412

Scirocco R Nuvolks Surabaya (3)

Jika saya ditanya “Nyonk, mobil apa yang pantat paling sexy atau dat sexy ass, dan mirip rear bumper nya perempuan, alias KW supernya?”. Saya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menjawab pertanyaan iitu, ibaratnya dalam waktu  seperti shiftingnya F1, saya akan menjawab Civic EG6. Body ramping, padat berisi,  serba bulat, nice shape ass, and  I could not ask for more. Mungkin saya dan Anda jika melihat EG6 bawaannya pengen bercinta dengannya di circuit atau drag way, atau sekedar spanking dat ass nya. 90’s era is so yesterday,dan EG6 di stop produksinya. So, jika si sexy back dilahirkan kembali, namun kali ini lahirnya di Jerman, dengan bapak yang mirip si Hitler. Jadilah VW Scirocco. Bahkan kali ini pantatnya more bigger than ever.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (2)

VW Scirocco atau yang biasa dipanggil Rocco ini merupakan sport compact coupe generasi ke-3 dari keluarga besar Scirocco semenjak pertam kali diproduksi oleh Volkswagen pada tahun 1974. VW sendiri selalu identik atau terinspirasi memberikan nama-nama terhadap bayi mobil yang lahir di pabrik mereka dengan nama angin (Jetta, Polo, Golf, dan lain-lain). Scirocco sendiri diambil dari nama angin di yang berhembus di daerah Mediterania.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (31)

Ditangan Agustinus, si Rocco kelahiran tahun 2011 ini, tampilannya semakin gahar dengan modifikasi yang dilakukannya pada hampir seluruh bagian dari sedan hatchback ini. Pada bagian eksterior, tampang depan si Rocco diupgrade dengan Osir carbon fiber mulai dari grill hingga lips.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (30)

Oh iya, saya lupa memperkenalkan kalo Roc tunggangan pengusaha ini adalah Rocco R yang merupakan Type R nya Scirocco.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (26)

Bisa Anda lihat sendiri, Rocco R ini kalo dilihat dari samping mirip dengan EG6, EG6 yang gagal diet. Walaupun gagal diet, tetapi mobil ini memang terasa nyaman di dalamnya khas mobil Euro. Produk Osir carbon fiber masih terlihat disini, yaitu Osir side skirt dan mirror. Satu yang pasti apapun mobil yang hatchback dan berbentuk bulat, pasti tampak manis dan sexy apabila di photo dari samping. Asalkan mobilnya sedikit cinta tanah air dan high hellsnya bagus.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (27)

Ngomong-ngomong high hells. Agustinus ini terbilang seorang yang cukup unik menggabungkan antara JDM dengan Euro  car. Mungkin karena bosan dan tak ingin dianggap sebagai follower dari trend pengguna ADV1 atau BBS yang sudah kelewat mainstream pada Roc, akhirnya diputuskan untuk menggunakan SSR SP1 19 inches 8+5/9. Ternyata selidik punya selidik sebelum SSR, ternyata Agustinus sempat menggunakan ADV1 20 inches, karena terlalu keras dan kurang nyaman, akhirnya dikembalikan ke ring 19.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (6)

Dengan 4 pot Brembo brake system yang bertugas menghentikan laju si Roc yang bertenaga 340 HP ini. Sementara pada kaki-kakinya atau suspensionnya masih menggunakan OEM Scirocco R yang dikawinkan dengan Eibach springs.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (11)

Sementara yang cukup unik terjadi pada pemilihan bannya, mungkin karena ingin memeperkuat accent JDM nya, Agustinus memilih Advan Neova AD08 R. Saya cukup surprises bahwa pria ini memilih AD08 yang ada embel-embelnya R, yang berarti tipikal AD08 yang compoundnya lebih lunak atau soft.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (29)

Masuk ke bagian buritan atau belakang mobil ini tempat dimana semua kegundahan saya akan mobil ini pun di mulai.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (9)

Bagian belakang Roc, merupakan bagian yang kurang saya minati, karena pantatnya kelewat besar segede gaban. Terlihat seperti MINI Cooper yang rear fender dan rear bumpernya di wide body ala mobil DTM.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (20)Namun Agustinus cukup berusaha keras menutupi kekurangan Roc R ini dengan menambahkan beberapa accent carbon fiber dari Osir, mulai dari Osir Wing

Scirocco R Nuvolks Surabaya (10)

Dan Osir diffuser quad carbon

Scirocco R Nuvolks Surabaya (8)Dengan IPE Innotech valvetronic turbo back yang membuat perpaduan warna antara carbon dan matt black ini terlihat semakin manis

Scirocco R Nuvolks Surabaya (18)

Masuk ke dalam cockpit Roc R ini, terlihat aura sport namun mewah dan nyaman ala Euro car. Joknya yang semi bucket ini pun terlihat mewah dengan balutan kulit terbaik berwarna coklat muda. Tak lama lagi OEM seat ini akan digantikan oleh Recaro seat.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (16)

Walaupun hampir semua parts dalam cockpit ini masih OEM, namun Agustinus menambahkan carbon fiber pada beberapa bagian interiornya seperti Osir door handle carbon dan Osir dash stripes carbon, dan juga Osir SPA GT pedal

Scirocco R Nuvolks Surabaya (17)

Untuk pedal set nya menggunakan OEM VW R32 Automatic Sports Pedal Set

Scirocco R Nuvolks Surabaya (19)Pada salah satu bagian vent AC nya Agustinus memasang P3 vent integrated digital interface yang bisa berfungsi menampilakn Boost/Vac, Coolant Temp, Intake Air Temp, Exhaust Gas Temp, Throttle Plate, Speed, RPM with Shift-light, Battery voltage and more. Simple and clean.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (12)

Masuk ke dalam engine bay dan juga tempat dimana embel-embel R berasal, kita akan menemui sebuah mesin 2.0 Liter FSI 4 cylinder turbo yang bawaan dari sononya sudah mampu memuntahkan tenaga sebesar 261 HP/195 kW.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (13)

Namun di tangan Agustinus, 265 HP baginya kurang greget. Oleh karena itu pria yang juga anggota Nuvolks Surabaya ini, mendatangkan Unitronic parts untuk mesin 2.0 Lt nya. Mulai dari Unitronic Turbo K04 kit, Unitronic ECU remapped stage 2+, Unitronic DSG stage 2 (dan Unitronic cold air intake. Sementara beberapa parts menggunakan brand premium seperti AWE tuning turbo outlet pipe, Okada coil ignition, Neuspeed Torque arm insert, BOV Forge,  dan Forge twin intercooler +S3 intercooler. Hasilnya Roc R ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 340 HP/330LB-TQ. Dan yang uniknya lagi Roc R milik Agustinus ini menjadi orang yang pertama di Indonesia yang menggunakan full parts Unitronic di Indonesia (Unitronic Turbo back dan Fuel pump otw ke Surabaya). Untuk remap ECU dan DSG dilakukan di Premier Autowerkz Jakarta. Sementara pemasangan turbo, exhaust, Brembo, dan intake dilakukan di WW Autotecnic Surabaya.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (15)

Pria yang suka dengan part carbon ini, tak ketinggalan menambahkan juga Forge carbon fiber cover pada water coolant , Forge water caps, dan  Forge wash bottle cover

Scirocco R Nuvolks Surabaya (25)

Uniknya lagi pengusaha kaca film dan audio ini mendatangkan sendiri aftermarket part yang menempel di Roc R ini dari luar negeri melalui internet. Maklum, ternyata pemilik  Scirocco R  ini juga seorang pengusaha importir yang hobby memodifikasi  mobil dan juga seorang car enthusiast.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (24)

Bagi nya suatu kepuasan tersndiri apabila membangun atau memodifikasi suatu mobil dengan tangannya sendiri. Terutama bisa memburu part-partnya dari luar negeri melalui internet, bukan memesan kepada orang lain, ataupun datang ke sebuah speedshop.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (33)

Rencana kedepannya Agustinus akan memodif lagi Roc R ini dengan single tuner Unitronic pada sektor engine nya. Diantara beberapa parts Unitronic yang sedang OTW atau On The Way ke Surabaya adalah Turbo back dan fuel pump. Alasan ketika ditanya kenapa suka Unitronic? Jawabannya simple, berbeda dengan yang lain, dan juga suka yang semerek.  Seat juga akan digantikan dengan Recaro yang sedang otw ke Surabaya.  Namun anehnya pengusaha ini tidak suka mengendarai mobil kencang, dia hanya suka memodifikasi atau upgrade mobil hingga terlihat keren. Tapi masih mempertahan  mobilnya dalam bentuk original. Dalam arti kata disini, menggunakakan aftermarket parts yang add on.

Scirocco R Nuvolks Surabaya (36)

Sementara saya, rencana kedepannya saya akan menghabiskan Avocado vanilla ice cream dengan chocolato on top nya ini. Dayum….

Scirocco R Nuvolks Surabaya (4)Enjoy your 340 HP Roc R from Surabaya

 

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on Facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

*Hashtags your photo  with  #PERFOURMMACHINEHEAD and #PERFOURM

 

 

 

Comments

comments!