#PERFOURMMACHINEHEAD : A 12 MINUTES AND 2,122 SECONDS WITH RIFATO SUNGKAR

728

MBN Boyke and Rifat Sungkar speedoffroadWah, rasanya senang sekali bisa menulis untuk Perfourm, dan masuk Perfourm lagi. Ya meskipun rada canggung. Maklum soalnya saya bukan penulis yang pintar mengarang. Maklum saya biasanya di photo oleh Perfourm, lalu melihat dan membaca artikelnya di Perfourm. Tapi kali ini, saya mencoba sedikit belajar mengarang indah. Karena artikel ini bagi saya sangat istimewa, yaitu saya menjadi navigatornya Rifat Sungkar, seorang perally Internasional dari Indonesia pada event seri ke-2 X-Offroad Racing pada tanggal 15-16 Maret 2014 di Sirkuit Delta Mas, Cikarang Pusat, Jawa Barat

MBN Boyke (5)Perkenalkan nama saya MBN Boyke Indrajaya, saya asli arek Suroboyo tapi keturunan Bali. Jadi tak heran ada darah Bonek dalam tubuh saya. Nyonk biasa memanggil saya dengan julukan the Marlboro man.

MBN RALLY TEAM at Sidoarjo Sprint'14 (3)Saya mulai turun Slalom dan Rally pada tahun 1988, atau pada kelas 3 SMP dikota Surabaya dan sekitarnya. Lalu kemudian vakum pada tahun 1991 ketika saya masuk kuliah, dan kemudian comeback lagi di dunia rally pada tahun 2008 dengan Lancer Evolution IX RS yang bernama Kayla. Dan yang terbaru adalah saya membuat team rally bernama MBN Rally Team pada tahun 2014 ini.Rifato feat Boyke Speed off road (5)Semua nya berawal ketika saya menerima telephone dari Rifat Sungkar, bahwa saya akan menjadi navigatornya pada event seri ke-2 X-Offroad Racing pada tanggal 15-16 Maret 2014 di Sirkuit Delta Mas, Cikarang Pusat, Jawa Barat.  Tujuannya adalah memperkenalkan saya dan MBN Rally team di dunia speed offroad, supaya mungkin suatu hari nanti saya gatal ingin meramaikan speed off road.

Rifato feat Boyke Speed off road (9)Meskipun perasaan saya antara senang dan kaget, akhirnya saya terima tawaran itu. Dan inilah saya di Mitsubishi Pajero milik Rifat Sungkar lengkap dengan nama saya diatas nama Rifat Sungkar.

Rifato feat Boyke Speed off road (23)Dan rasanya seperti mimpi bisa berada 1 mobil dengan pembalap sekelas Rifat Sungkar yang merupakan perally kelas dunia, apalagi menjadi navigatornya

Rifato feat Boyke Speed off road (20)Saya bahkan sempat stress menerima pekerjaan ini. Maklum tekanan mental menerima tanggung jawab membuat pace note, karena saya bisanya hanya mendengar orang membacakan pace note alias pembalap . Tapi sekalinya saya membuat pace note, pace notenya untuk Rifat Sungkar. Dan saya juga baru kali ini turun di speed offroad. Stresslah saya.

Rifato feat Boyke Speed off road (17)Sebenarnya saya dan Rifat sudah berteman sejak lama, ya bisa di bilang sahabat karib baik di dalam maupun di luar lintasan. Pertama kali kami satu mobil sewaktu event rally tahun lalu di Dsprint Rally. Saya pun biasanya hampir setiap hari bbm-an atau telpon-teponan, untuk sharing mengenai rally dan apa saja yang kami bisa jadikan bahan becandaan.

Rifato feat Boyke Speed off road (18)Rifat sendiri menurut saya adalah adalah sosok pria yang baik hati dan tidak sombong. Disamping itu sebagai sosok pembalap internasional Indonesia yang jam terbang dan prestasi banyak, Rifat orangnya sangat terbuka dan informative, dan mau sharing bagaimana membuat waktu tempuh saya menjadi lebih cepat.

Rifato feat Boyke Speed off road (19)Selama 2 hari bersama Rifat Sungkar, saya pun sudah seperti pembalap terkanal atau pun artis sekelas Rifat. Banyak interview dan banyak kamera yang mengarah ke kami, saya juga kebagian di interview oleh beberapa media

Rifato feat Boyke Speed off road (10)Photo session terus

Rifato feat Boyke Speed off road (8)Dan senyum kesana-sini. It’s was fun, mungkin inilah rasanya jadi pembalap sekelas Rifat Sungkar.

Rifato feat Boyke Speed off road (3)Tapi semua itu hanyalah bonus stage. Karena petulangan saya atau 1st debut saya di speedoffroad akan segera dimulai. Dan perlu diingat, saya stress atau demam panggung sewaktu sudah memakai baju perang dan helmet dan masuk kedalam Pajero Rifat.

Rifato feat Boyke Speed off road (16)Sementara Rifat sendiri terlihat sangat tenang, mungkin dia berpikir “ just another SS, shawl we”

Rifato feat Boyke Speed off road (6)Melihat saya yang stress, Rifat pun berkata kepada saya “Tenang…aman kok. Ga berasa malah. Cuman nyoot…nyoot doang rasanya” sambil tertawa kepada saya. Saya yang mendengar testimoni ini mendadak ikut ketawa juga.

Rifato feat Boyke Speed off road (13)Bahkan untuk mengatur emosi dan demam panggung ataupun stress yang dialami setiap pembalap manapun di dunia ini, Rifat mengajak saya  bernyanyi-nyayi ria sebelum memasuki garis start atau sewaktu line up. Anda tahu lagu apa yang kami kumandangkan secara duet? Jawabannya adalah lagunya Cakra Khan yang harus terpisah. Ku berlari kau terdiam, Ku menangis kau tersenyum , Ku berduka kau bahagia, Ku pergi kau kembali. Ku coba meraih mimpi, Kau coba ‘tuk hentikan mimpi, Memang kita takkan menyatu. Saya tidak tahu apakah si Rifat sedang galau atau tidak, tapi yang jelas kami berdua mengumandangkan lagu itu sewaktu berada di waiting zone.lol

Rifato feat Boyke Speed off road (7)Setelah start ternyata asyik juga speedoffroad. SS1 cuaca sangat mendukung, track juga kering, dan semuanya lancar.

Rifato feat Boyke Speed off road (4)Tapi sayang, 300 meter menjelang garis finish, Pajero Sport kita mengalami problem teknis. Mesin mendadak drop.

Rifato feat Boyke Speed off road (22)Segala macam upaya dilakukan supaya mobil bisa jalan lagi. Akhirnya mesin hidup lagi. Dan kita akhirnya bisa finish. Tapi sayang, kita kehilangan waktu sekitar  10 detik. Kecewa, frustasi, stress bercampur jadi satu. Dan kita berusaha keras mengatur strategi untuk SS berikutnya.

Rifato feat Boyke Speed off road (15)Pada SS2, saya sudah mulai turn ON. Sudah bisa adaptasi  dengan track+mobil+pacenote. Cuaca sedikit gerimis, dan sayangnya kita masih pakai ban kering.

MBN Boyke and Rifat Sungkar speedoffroadTapi sayang banget, lagi-lagi ditempat yang sama, pajero sport kita mengalami problem lagi. Sama persis seperti SS 1. Namun kita tetap bisa finish, walaupun bisa finish kita masih penasaran dan kecewa dengan performa Pajero pada hari itu. Team mekanik dari RFT pun berusaha keras memperbaiki mobil ini, supaya tidak mengalami problem yang sama lagi.

Rifato feat Boyke Speed off road (14)Lanjut ke SS 3, hujan pun mulai turun. Tapi yang anehnya Rifat justru senang banget. “Yes ujan..kesempatan kita untuk nyodok posisi” dengan pedenya berkata kepada saya.

Rifato feat Boyke Speed off road (12)Ingat kata Rifat yang rasanya cuman nyoot nyoot? Tenyata Nyoot nyoot itu adalah suspensi pajero yang  rasanya empuk banget. Gimana tidak nyaman dan nyot nyot, suspension Reiger asal Belanda ini saja seharga 200 juta an. Yo opo ga keroso blass (gimana ga kerasa sema sekali). Apalagi kami satu-satunya peserta yang menggunakan Pajero Sport.

Rifato feat Boyke Speed off road (11)Speedoffroad sendiri menurut saya, cuman ada satu kata yaitu harus berani. Karena tracknya berbeda dengan rally yang menggunakan sedan, dan harus didukung kaki-kaki yang bagus.

Rifato feat Boyke Speed off roadAkhirnya setelah bertarung selama 2 hari dan 4 SS, saya dan Rifat finish ke-2 di kelas FFA atau Free For All dengan total waktu tempuh 12:2,122

Rifato feat Boyke Speed off road (2)Selama menjadi navigatornya Rifat dan berada selama 2 hari di dalam Pajeronya, saya pun banyak belajar dari Perally Internasional kebanggaan Indonesia ini. Bagiamana caranya mengatur emosi kita sebelum start yaitu dengan menyanyi Indonesia Raya (sedangkan saya dulu-dulunya merokok),bagaimana caranya left foot brake yang baik dan benar, handling steering wheel, shifting, braking point, hand braking, and yang paling penting adalah emotion alias emosi. Dan kesan-kesan saya selama 2 hari bersama Rifat Sungkar di event speed offroad ini adalah “So Amazing!”.

Thank you soo much Rifato Sungkar.

 

 

Words by             : MBN Boyke Indrajaya

Photo’s by          : Aphit Mcklein

 

 

 

-Bayu sulistyo |nyonk|

 

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

*Hashtag your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD on our Instagram, and get a chance upload on www.perfourm.com

 

 

 

Comments

comments!