SPEEDFREAK SURABAYA : SUNDAY MORNING RUN WITH THE F430 SCUDERIA

1311

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (22)

Sunday morning… jogging, jalan pagi, bersepeda, wisata kuliner,atau sekedar hang out mencari gebetan baru di area Car Free Day. Or maybe tertidur pulas akibat hang over sisa kekejaman semalam. Itu cara sebagian besar penduduk kota Surabaya menghabiskan minggu paginya. Tapi bagi sebagian kecil penduduk Surabaya, menghabiskan Sunday Morning dengan mengajak mobil kesayangan mereka untuk sedikit berolahraga lari di jalan tol adalah sebuah ritual bagi car enthusiast yang tergabung dalam Speed Freak Surabaya ini.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (3)

Bangun pagi, berjuang melawan ngantuk dan godaan maut ranjang, dan beralih ke dalam Ferrari F430 Scuderia adalah perjuangan atau perang besar melawan diri saya sendiri. Ya, jam 7 pagi itu saya meninggalkan kasur saya, mandi, dan akhirnya berada di sebelah Iwan yang sedang mengendarai F430 Scuderia nya.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (4)

Mata saya yang masih 5 watt dan, samar-samar masih kangen dengan bantal saya. Berangsur-angsur mulai high voltage atau turn on mendengar suara 508 HP V8 4.3 L mengaum. Apalagi ditambah  valve exhaustnya di turn off, semakin horny dan orgasme lah saya pagi hari itu. Itulah alasan kenapa orang-orang membeli mobil Ferrari atau eksotik car manapun, yaitu membeli suara.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (9)

Setelah beberapa menit perjalanan dari east cost ke west cost, akhirnya tibalah kami di meeting point Speedfreak Surabaya. Dimana hampir sebagian besar peserta jogging kita pagi itu didominasi oleh pabrikan Jerman, seperti 3 buah VW Scirocco (2 R), BMW 4 series coupe), dan JDM nya hanya Subaru Impreza WRX merah.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (47)

Well, baru kali ini ada kuda jingkrak yang mengikuti lari pagi kami di Speedfreak Surabaya. Karena, hampir sebagian besar member dari club yang berusia hampir ½ tahun ini mostly sport car from Japan.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (8)

Terlebih lagi si kuda yang ikut berpacu ini adalah spesies kuda yang cukup special, langka e, dan mamamia e. Ferrari F430 Scuderia. Mendengar 430 saja saya sudah horny, apalagi ada embel-embel Scuderia yang berarti “stable of horses”, atau peternakan kuda balap. Saya memang bukan die hard fans nya mobil eksotik, apalagi dengan Ferrari, saya Cuma suka dengan F430 dan kuda yang lahir tahun 90 kebawah. Terutama

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (5)

So seperti apa she special dan mamamia e, mobil yang di diperkenalkan oleh Michael Schumacher pada tahun 2007 ini? Cockpitnya sendiri sudah tampak seperti mobil perang di sirkuit bukan sebagai mobil valet di lobby hotel bintang 5. Interior mobil seharga  ini sudah di weight reduction atau diet habis-habisan, saking habis-habisan mengejar gelar biggest losser sebanyak 100 kg, tak ada peredam atau red carpet dalam mobil ini. Yang ada hanya 2 bucket seat, roll cage, suede dashboard, carbon fiber anywhere, and a 2kg fire extinguisher tepat berada di bawah kaki penumpang yang hanya beralaskan karpet tipis dengan lantai metal dimana-mana. Keadaanya seperti wanita cantik yang lari ketika di uber oleh Megaloman ketika sedang mandi….naked.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (6)

Bahkan yang rumah headlights nya sendiri terbuat dari carbon fiber. Kelihatannya seh sepele atau simple, pabrik  di Maranello ini membuat kesan racing ataupun artistik dalam Scuderia ini. Ya walaupun mengejar target kurus hanya sebesar 100 kg dari kuda seberat 1.450 kg ini. Tapi setidaknya ada sense of art dalam mobil ini.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (7)

Talking about sense of art dari Scuderia, dari sinilah tempat lahirnya masterpiece sense of art ataupun tagline “where the magic begins” . Yaitu sebuah mesin V8 4.3 L yang sudah di re-tune ulang dari basic tenaganya hanya 483 HP di bengkakkan menjadi 508 HP yang disambungkan dengan semi-automatic transmission yang di tambahi embel-embel Superfast atau Superfast2. Superfast2 adalah sebuah software yang berguna untuk doping bagi gearbox Scuderia supaya bisa shifting 60 millisecond lebih cepat, itu berarti lebih cepat daripada Anda mengedipkan mata Anda kepada seorang wanita cantik. Plus ditambah kado christmas dari Ferrari berupa F1-Trac traction dan stability control dengan E-Diff electronic differential.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (10)

Pagi itu saya tidak sendirian, ada Juju dari SBOTv, yang sedang memasang GoPro pada atap WRX. I think he’s hungry for some highway action.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (11)15 menit kemudian rombongan pun mulai memasuki gerbang tol Satelit

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (12)

Dimana ,baru kali ini saya melihat TNI-AD sebanyak ini berada di pinggir jalan tol. Dan mereka semua jalan kaki menyusuri jalan tol. Some say, the Mr. President sedang berada di kota Surabaya. So maybe  ini adalah protokoler pengamanan RI1. Jadi, tak ada salahnya membagikan 1 click pada Tentara penjaga kedaulatan NKRI ini.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (13)

Rombongan pun mulai memasuki tol kota Surabaya yang menghubungkan ujung utara kota Surabaya (Tanjung Perak) menuju ke kota Porong.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (17)

Saya pun bertemu dengan sedan premium favorit saya, yaitu Toyota Crown. Bagaiman kalo saya menjadikan Crown ini sebagai VIP car, no.. make it a drift car.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (20)

Saya memang bukan seorang tifosi Ferrari, ataupun mobil eksotik sekelas banteng dan kawan-kawannya. Dalam list “what’s nyonk dream cars?”, hanya ada 3 kuda jingkrak dalam list saya yaitu, Ferrari Dino, F40, dan F430. Terutama si beauty and beast F40

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (19)

Dino saya pilih karena bentuknya yang classic, you know I’m a classic man with a motorsport taste. F430 saya pilih, karena bentuknya yang pas dan sexy. Saya tidak peduli jika dikatakan mobil ini kurang ini dan itu, dan bla bla bla. Menurut saya F430  sudah sangat pas bentuknya, lekukannya mulus, bulat seperti naked women. Jika ingin kotak-kotak, ya lihatlah bagaimana beauty and beast nya F40. Jangan di juice jadi satu,  nanti  jadinya malah kaya mobil LCGC (low cost green car)

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (14)

Ini adalah 1st debut BMW 4 series coupe morning run di Surabaya. Dan menjadi the 1st 4 series yang mengaspal di Indonesia. Sayangnya setelah pemilik ini memboyong mobil bertenaga 245 ps ini, versi the powerfullnya yaitu M4 di rilis.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (15)

Karena lari pagi hari itu direncanakan secara mendadak dangdut, hingga banyak anggota Speedfreak yang absen. Posisinya pun digantikan oleh beberapa anggota SF yang juga mengajak beberapa teman dari Nuvolks Surabaya

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (21)

Yaitu 2 buah VW Scirocco R

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (16)

Yang berarti sport car nya VW paling racing. Walaupun 2 Rocco R itu masih standart pabrik dan FWD, namun mesin   saya lihat sudah kelewat cukup untuk ukuran FWD car. Yang saya suka dengan Rocco R ini adalah tampang depannya saja sporty, dan bengis akibat efek dari headlights nya yang mirip sang Fuhrer Hitler ketika marah. Namun yang saya ga suka adalah pantatnya yang kelewat semok.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (23)

White, blue, or red. Apapun pilihan warna Anda, genk pasukan mobil Eropa ini akan membuat HP atau handsome power Anda naik +100 HP ketika Anda berada dibalik kemudinya. Dengan pembagiannya +100 HP F430, +50HP 4series, +25 HP Rocco R.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (26)

Sementara saya sendiri menumpang di Kevin dengan Subaru WRX nya. Yah kira-kira Kevin mendapatkan extra +25 HP dari WRX ini. Saya sudah sering satu cabin bersama Kevin di morning run atau pun midnight run bareng SF ataupun I-SPEC.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (27)

Kesan saya his a bad scoobie alias doyan ngebut, makanya saya senang bisa satu mobil dengan pria ini. Apalagi ketika saya suruh gas pol ngejar barisan di depan, tambah enaklah dia flat out WRX nya.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (28)

Lalu keluar jendela pada kecepatan diatas 120 km/jam, lalu memberondong F430 dengan belasan shutter saya, hingga akhirnya saya hanya memilih cuma 1 saja yang saya upload.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (29)

Dan juga Hingga membuat tampang dan rambut saya seperti  seorang magamon alias manusia gagal move on, karena kelewat eksis menguber F430 dan kawan-kawannya di atas 120 km/jam.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (30)

Sport car should  look like this..slick and sekseh.Body nya yang lebih aerodinamis membuatnya mendapatkan downforce yang lebih banyak daripada kakaknya F360 Modena. Beberapa accent  dari Ferrari heritage juga disempurnakan pada body Scuderia ini, yaitu Enzo’s tail lights, Testarossa side mirror, dan front bumpernya yang berbentuk sharknose di comot dari  mobil balap Ferrari di era 60’an, terutama 156 “sharknose” F1 car dan  juga 250 TR61 LeMans car yang dipiloti oleh Phill Hill.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (31)

Di perjalan pulangnya saya pun berada di dalam cockpit Scuderia. Kali ini saya berkesempatan untuk memphoto WRX merah Kevin yang selalu mencoba mendekati si kuda jingkrak ini.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (33)

Saya pun mulai merasakan rush hour bersama F430 Scuderia ini ketika mobil mulai memasuki jalan tol utama Juanda-Waru.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (32)

Iwan yang menjadi pilot hari itu juga mulai menunjukkan wajah battle stationnya.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (35)

100, 150, 200, 220..angka jarum rpm dan speedometer pun mulai kesetanan. Setiap kali shift pedal ini di naik an, dan pedal gas di injak. Exhaust yang valve controlnya di off kan ini berbunyi “faster…faster..faster…faster”

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (34)

240 km/jam ini lah posisi terakhir saya bisa memphoto speedometer F430 Scuderia ini, yang hari itu digeber hingga 270 km/jam. Jalan tol yang bumpy atau tidak rata dan “Skyhook” electronic suspension membuat mobil ini bergetar.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (37)

Tapi jika sesungguhnya di coba pada habitat aslinya, yaitu circuit. Performance dari Scuderia 508 HP ini di klaim sama dengan Ferrari Enzo dan juga adiknya yaitu, Ferrari 458. Kemampuannya dalam hal sprinter untuk mobil yang mempunyai weight-to-power ratio  2,5 kg/hp ini juga  cukup cepat, yaitu 3,6 detik untuk 0-100 km/h, dengan top speed 325 km/h. Hanya ada 1 tujuan kenapa kuda perang ini diciptakan, yaitu untuk berperang melawan Porsche RS-models dan juga musuh bebuyutannya Lamborghini Gallardo Superleggera (Superleggera berarti super light weight)

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (36)

Sesekali Iwan melihat ke belakang, apakah dia terlalu meninggalkan rombongan terlalu jauh.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (39)

Ternyata yang tersisa hanya 2 buah mobil saja yang berusaha mengejar Scuderia, nomor 2 adalah WRX, dan yang ke-3 adalah Rocco R. Sewaktu saya melihat  ke spion samping sewaktu run di tol, 2 mobil ini mempunyai gap atau jarak dengan Scuderia sekitar ±400 meter. Dan juga jarak dari WRX ke Rocco 2 sekitar 100-150 meter. Rocco R tidak berani mendekati WRX karena mobil ini hanya bermodal FWD, sedangkan WRX AWD, sang pemilik mengatakan beberapa kali dia mengalami understeer. Sementara WRX Kevin berlari sekitar 220 km/jam, karena dia tahu percuma saja gas pol untuk berusaha mendekati tail lightsnya si kuda. 268 hp versus 508 hp + F1 gearbox, he need a ton’s of scoobie snack.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (40)

Hot pursuit pun masih tetap berlangsung ketika kami mulai masuk ke tol Waru-Perak. Iwan pun mulai aggressive atau race mode: on dan mulai mengambil segala cara dan jalur untuk bisa melepaskan diri dari Rocco R yang mulai mengutit dari pintu tol masuk, sementara WRX terjebak di pintu tol akibat uang kembalian.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (42)

Here I’m, riding with F1 Constructors World Championship 2008

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (41)

With a  guy who ride his Scuderia like a mad man.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (48)

And it’s works. Kami pun berhasil melepaskan diri dari Rocco R, dan Rocco R itupun terjebak dalam tol yang cukup padat hari itu. Akhirnya kami pun menunggu Rocco dan rombongan di pintu keluar tol sekitar 10 menitan. And you know lah how fast and slick we are.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (43)

Butuh taxi super duper extra cepat atau pesan antar di kota Surabaya, call this two guys, Iwan and Kevin.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (44)

Not today Rocco. Saya  lihat dari acara hot persuit tadi, bahwa Rocco R yang bertenaga  ini mempunyai performance yang cukup baik ketika diajak berlari. Hanya satu kekurangannya yaitu FWD, sementara power sudah lebih dari cukup untuk sebuah FWD car.  Mungkin jika kaki-kakinya di upgrade dengan coilover dan beberapa parts yang membuat mobil ini rigid dan stabil sewaktu high speed cornering. Mungkin dia bisa mendekati WRX didepan.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (45)

Dan tentu saja add more some sticky rubber plus giant brake kit system on the rolling stock. Mungkin dia bisa mendekati WRX didepannya

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (49)

Karena kami tadi sudah bangun pagi, dan sedikit berolahraga tangan dan kaki, sementara yang berlari pagi atau jogging adalah mobil kami. Ta ada salahnya untuk fuel up da tank, dengan some italiano atau pun western food.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (50)

Good car, good food. Saya yang masih dalam masa pertumbuhan dan juga tubuh saya yang high metabolism  ini memilih menu tenderloin steak cordon blue, medium, plus mash potatos. Rasanya…mamamia.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (51)

Setelah menyantap hidangan breakfast kami, acara pun dilanjutkan dengan sesi interview oleh crew Drive Thru SBOtv.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (52)

And I get punked. Saya pun dikerjai untuk masuk inframe alias di interview juga oleh  Drive Thru SBOtv mengenai morning run pagi hari ini.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (53)

Jujur aja it’s kinda weird dan canggung di syuting oleh orang yang dulu menjadi kameramen saya, memegang mic yang biasa saya berikan kepada narasumber, menerima pertanyaan yang biasa saya tanyakan kepada narasumber, dan akhirnya menjadi on screen di acara yang biasanya saya menjadi behind the screen (produser). Terkahir kali saya memproduseri acara ini sekitar tahun 2011 yang lalu, sebelum akhirnya saya resign untuk totalitas di website saya yang pertama. Now you already know my background.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (54)

Menetukan pilihan bekerja di perusahan orang atau sebagai pegawai ,dengan menjadi seorang entrepreneurship atau privater, bisa dibilang seperti memilih si eksotik Scuderia F430 yang menentukan prestige atau image dimata orang, wanita, dan tentu saja calon mertua. Atau si Nissan Sukairain BNR34 GT-R V-SpecIInur, wild and free.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia

Life is simple, you choose, and flat out with your choose, and never look back.  Jangan bilang kalo “aku nggak punya pilihan”, permasalahannya biji Anda gede apa nggak untuk menjalani pilihan Anda yang tracknya sendiri yang Anda belum pernah jalani. So, I choose the wild and free car, the Gojira. And I always choose this Sukairain.

Speedfreak morning run with F430 Scuderia (46)

So sorry uncle Enzo. Mungkin nanti ketika saya sudah tidak lagi wild and free dan menjadi settle and mature,  saya akan memburu Ferrari F40. Aamiin….

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

*Hashtag your photo on Instagram with #PERFOURMMACHINEHEAD, and get a chance to get upload on www.perfourm.com

 

 

Comments

comments!