RAINBOW B16 AP SPEED EG6 : THE QTT DAY – PT.1

1386

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (63)

Sudah hampir sekitar 4,5 bulan saya tidak mengunjungi Sentul International Circuit, setelah pada bulan November 2013 saya mengawal Rian The Tom dengan Tomahawk AP Speed EG6 nya di seri terakhir dari gelaran Sentul Drag Race 2013.  Sabtu, 18 April 2014 kemaren, saya pun berkesempatan menginjakkan kaki saya lagi di sirkuit yang diresmikan pada tahun 1993 ini. Kali ini saya mengawal Rainbow B16 AP Speed EG6 yang akan berusaha mempertahankan tittle sebagai record holder untuk The fastest all motor in Indonesia..12.107 detik yang diraihnya pada November 2013 yang lalu.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (1)

Saya pun mulai mempertahankan record holder saya untuk tidak tidur ketika akan menghadapi flight pagi saya, yaitu sekitar jam 7:15. Alhasil karena takut ketinggalan pesawat, saya begadang semalam suntuk mengupload Perfourm, hingga akhirnya sekitar jam 5an saya naik motor ke Juanda Airport. Saya pun memanfaatkan perjalanan udara selama 1 jam an ini untuk ngorok.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (12)

Sekitar 1 jam 15 menit tan airbone dan juga 1 jam an perjalanan menuju ke bengkel AP Speed yang terletak di daerah Duren Sawit, saya pun tiba di bengkel yang bisa dibilang sebagai peternakan EG6 atau Estilo di Indonesia ini. Saya pun melihat Rainbow yang sudah mengganti baju ato liverynya menjadi army look atau cam0uflague . Look more fresh than old carbon look. Sementara di belakangnya ada Es-Teem Jambi dan juga The Flash yang sedang posisi hibernate mode : on.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (2)

Setelah tidur 2 jam di bengkel dan sholat Jum’at, saya pun disuguhkan makan siang saya berupa salah satu makanan favorit saya , yaitu nasi padang ayam. Da yum !

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (3)

Setelah Jum’atan dan makan siang, saya pun duduk di luar sambil melihat beberapa crew AP Speed yang sedang finishing pada Rainbow yang kali ini sedang dipasangkan kaca acrylic nya yang baru.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (5)

Untuk engine Rainbow sendiri tidak ada perubahan atau  modifikasi yang dilakukan oleh Daddy (Bang Aprek) pada mesin  B20 2.2 stroker kit yang mampu memuntahkan tenaga sebesar  360 hp  . Jadi Rainbow masih memakai mesin yang ber spek lama yang sama dengan mesin yang digunakan sewaktu mencetak rekor baru All Motor Indonesia 12.107 pada November 2013 di seri ke-4 Sentul Drag Race oleh M. Herdy.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (4)

Rainbow kali ini akan di damping oleh EG6 yang baru saja jadi, dan tujuannya adalah daily use, alias mobil ngemall, antar jemput anak sekolah, dan sometimes Asia Afrika.B18C, gearbox ATS close ratio, Skunk 2 intake and throttle body, open filter carbon, dan Hondata ecu yang mampu membuat B18C ini memuntahkan tenaga sebesar 284 hp/243 torque.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (10)

Sebenarnya  pada seri perdana Sentul Drag race round 1 2014 ini, Rainbow akan didampingi oleh Tomahawk yang sudah berubah wujud menjadi army look atau camouflage, namun Rian si owner tidak bisa hadir. Sementara 1st debut Force Induction EG6 dari AP Speed dengan Shiro EG6 B18 turbonya ( compturbo)  juga terkendala akibat Haltechnya belum terpasang dan juga belum dyno test.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (7)

Next project dari AP Speed adalah daily uses K series yang tampak masih belum jadi ini. Tapi mungkin akan diajak berolahraga di Sentul.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (6)

Dan project yang saya tungg-tunggu adalah proyek touring car Pedes-Maniz, yang rencananya akan mulai hot lappin pada pertengahan tahun ini dengan M. Herdy sebagai pilotnya.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (9)

Sebenarnya Pedes-Maniz rencananya sudah mulai melakukan 1st debutnya pada seri 1 ISOM yang jatuh pada tanggal 26-27 April 2014 ini. Namun karena Daddy terlalu sibuk mengurusi peternakan EG6 nya untuk drag race round 1, maka proyek Pedes-Maniz pun tertunda.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (13)

Setelah semua persiapan dan finishing kelar dilakukan di AP Speed, mobilpun dinaikan ke atas trolly, lalu mulai diberikan final touch berupa Rainbow Sticker.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (14)

QTT day

Bangun sekitar jam 7 pagi saya pun langsung mandi air hangat dan tak lupa breakfast berupa sandwich club.

 

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (17)

Biasanya saya bersama Rian datang sekitar jam 10 pagi, tapi kali ini saya pun datang ke Sentul pada jam 8 pagi dan melihat pemandangan yang belum pernah saya lihat sebelumnya, yaitu antrian peserta yang hendak melakukan scrutineering. Hampir sekitar berjejer dari jam 7 pagi. Andaikata Surabaya bisa seperti ini.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (25)

Karena tempat scuteneering nya di bawah tribun Sentul, saya pun penasaran seperti apa rasanya nonton balapan dari atas grand stand atau tribun Sentul. Dan ini lh saya yang kali ini berselfie ria dari atas tribun, maklum selama 1 tahun kemaren bolak balik Sentul, saya hanya nyantol di pit, dan belum pernah ke tribunnya.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (23)

Saya sendiri melihat sirkuit yang dibangun pada tahun 1993 ini mempunyai potensial untuk diexplore lebih jauh atau dikembalikan seperti masa kejayaannya dulu sewaktu akhir 90’an dimana Moto GP pernah mampir ke Indonesia (’96 dan ’97)

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (20)

Namun sayang sirkuit sepanjang 4.12 km ini pun dibiarkan terbengkalai, seperti kakek tua yang dibiarkan oleh anaknya. Padahal jika dilihat dari umurnya masih tergolong ABG atau cabe-cabean yaitu 21 tahun , namun tampangnya sudah 71 tahun. Lantai tribun yang rusak, cat yang kusam, toilet yang lebih mirip toliet terminal daripada tittle toilet  International circuit, dan yang paling parah lintasannya yang sudah terkelupas dan lebih mirip jerawat yang super duper besar, hingga membuat para pembalap tidak bisa memperoleh best time mereka. Jujur saja saya sebagai seorang car enthusiast yang merasa Sentul ini sebagai the one and only home of motorsport Indonesia, sangat sedih melihatnya, apalagi saya membandingkan dengan Sepang Malaysia. Rasanya seperti bumi dan langit, padahal Sentul berdiri terlebih dahulu daripada Sepang.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (22)

Tambah miris lagi ketika saya melihat single seat car yang hard parking di bawah tribun Sentul. Andaikata saya diberi, saya akan memajangnya di ruang tamu atau garasi rumah orang tua saya. Bagaimanapun juga mobil itu pernah mengisi lembaran sejarah sirkuit Sentul, dan juga orang yang berada didalam cockpitnya. Sudah sepantasnya tempatnya bukan di sebuah tempat yang kusam dan berdebu.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (28)

Cukup sudah airmata saya dan bermelow-melow ria, kembali ke real world dimana Rainbow sudah memasuki antrian untuk melakukan scrutineering

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (32)

Pagi itu yang mengawal Rainbow adalah sang pembalapnya M. Herdy dan juga new kids on the block Rio (botak) dan juga beberapa crew AP Speed.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (31)

Memasuki sruteneering area, semua berjalan lancar, bahkan kelewat lancar. Panitianya pun Cuma melihat sekilas saja engine bay dan juga interior mobil ini. Maklum kata panitia apanya yang mau di scrut la wong sama saja kaya yang sebelum-sebelumnya.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (27)

Ada pemandangan yang baru dari seri tahun ini, yaitu dimana seluruh peserta diharuskan di photo oleh panitia satu-persatu.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (34)

Lalu kemudian diserahkan ke meja panitia, ya katakanlah seperti daftar ulang penerimaan mahasiswa atau siswa SMA.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (35)

Lalu Anda akan mendapatkan Kartu control start lengkap dengan photo Anda di dalamnya. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi adanya The Stig atau joki gelap dalam event ini.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (36)

Setelah pengurusan daftar ulang, kartu kontrol start, dan juga scrutineering telah usai. Kami pun menuju ke area pit 33, tempat dimana saya dan team B16 AP Speed akan menghabiskan waktu selama 2 hari di dalam pit  ini.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (37)

Aik owner dari Rainbow ini pun siap go all out di seri 1 nya di tahun 2014. Maklum beberapa hari yang lalu dia sudah flat out di UNAS SMA.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (38)

Sementara new kids on the block yang juga merupakan pemain lama di scene drag race Indonesia, Rio, kembali lagi ke lintasan drag race bersama team B16 AP Speed. Dulunya pria asal Bengkulu ini bertarung dikelas kejurnas 2.1 dengan D16 EG6 nya. Kali ini dia kembali dengan 284 hp/243 torque B18C

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (39)

Karena dasarnya mobil ini adalah daily use untuk antar jemput anaknya, jadi ketika digantikan weld rims, bertambah ceperlah dia.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (40)

Stance car with skinny tires call me,  maybe?

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (42)

Sementara para crew AP Speed sedang mengatur ketinggian coilover EG6 milik Rio, M & T slick tyre milik Rainbow sedang dipananskan dengan tyre warmers.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (43)

Tyre Warmers ini berfungsi untuk memanaskan ban hingga ke suhu 85 derajat celcius, dimana compound ban tersebut menjadi lunak, sehingga ban slick ini dengan mudah mendapatkan traksi tanpa harus melakukan burn out. Tapi  sudah sewajarnya habit semua ban sebelum memulai race dilakukan burn out atau warm up lap, untuk membawa ban ke suhu ideal dimana compoundnya menjadi lunak sehingga mendapatkan grip yang maksimal pada lintasan.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (44)Selagi menunggu waktu qtt dan juga ban yang sedang dipanaskan, saya pun menikmati hidangan makan siang kami yang sudah datang

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (45)

Setelah menikmtai makan siang dan juga udara di luar sudah tidak panas, Rainbow pun mulai di fire it up. Seperti biasa Bang Aprek atau Daddy melakukan final check kepada Rainbow sebelum akhirnya keluar dari pit menuju lintasan.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (47)

Rainbow pun keluar dari dalam pit 34 dengan Daddy yang berada disamping pintu pit menyaksikan monster bikinannya menuju ke garis start.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (48)

Yang jelas, livery baru Rainbow  look so damn fresh and good. Warna camouflage nya begitu contras dan pas pada body dan juga rimsnya. Ada sponsor yag mau menjadi partner kami? call me , maybe?

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (49)

Trunknya yang carbon juga tidak ditutup dengan sticker, namun tetap tersingkap menonjolkan patern carbon nya yang khas. AP Speed memang terkenal akan body worknya yang cukup rapi dan menjadi acuan beberapa EG6 di Indonesia.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (51)

Orang yang menjadi pilot dari Rainbow ini adalah M. Herdy yang juga secara sukses memecahkan rekor all motor Indonesia, yaitu 12.107 detik yang dicetak pada Sentul Drag race seri 4 pada November 2013 yang lalu.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (52)

M. Herdy pun memulai QTT day nya  pada hari itu dan berhasil mencetak waktu 12.6 detik.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (54)

Sementara Oyot yang yang mengendarai street sleeper milik Rio ini berhasil mencetak waktu 13.2 detik

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (60)Om Joe berhasil mencetak waktu 16.3 detik. Yang berarti Civic ES ini turun di kelas bracket 16 detik

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (53)

Langit diatas sirkuit Sentul pun semakin menghitam , dan tampak sekali si pawang hujan sedang maximum attack berperang melawan hujan.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (55)Sementara di dalam pit, M. Herdy pun tampak sedang berbincang dengan  Aik (kiri), Sadat (2 dari kiri), dan Daddy (paling kanan) mengenai run nya yang pertama tadi. Aik yang merupakan adik dari Sadat ini meneruskan hobby kakaknya yang sudah dimulai dari dulu dengan Rainbow. ” Tenaganya masih sama sperti tahun lalu, karena tidak di apa-apakan” terang M. Herdy.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (56)

Selang beberapa menit kemudian hujan pun mengguyur Sirkuit Sentul dengan derasnya, dan ini bukan hujan biasa tapi semi badai.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (58)

Setelah sekitar 1.5 jam diguyur hujan, langitpun mulai cerah. Dan itu berarti babak qtt pun kembali dilanjutkan.  Jika Anda mencari sebuah EG6 dengan USDM style, well this is it. Stock frame chassis, body, and glass, also interior, dengan weld rims.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (59)Dan kali ini yang akan melakukan qtt adalah Rio dengan ditemani oleh M. Herdy di sebelahnya

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (61)

Rio pun melesat di lintasan sepanjang 402 meter ini, dan membukukan waktu 13.4 detik. Ternyata begitu finish altenatornya mati.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (62)

2 hal yang terbaik yang bisa kita dapatkan dari mobil balap yang rapi, bersih, dan bagus adalah race car yang juga bisa menjadi show car. Dan semua itu ada di Rainbow, dia bisa menjadi race car dan juga show car kapanpun dia mau. Tidak seperti show car yang so pasti tidak bisa menjadi race car, karena tidak race proven. Meskipun masa kampanye sudah lewat, tapi saya akan tetap mengkampanyaken aliran tuning with attitude ini.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (68)

Karena a good looking race car is must, alias wajib hukumnya. Saya sempat sedih, dan mungkin Anda juga mengalaminya ketika melihat mobil-mobil balap era 2000 an yang ala kadarnya bahkan tak ubahnya sebagai kandang ayam. Hany mesin, mesin, dan mesinnya saja yang mereka pikirkan. Eksterior apalagi interior tak pernah mereka pikirkan, yang penting mesinnya kencang, toh hanya dipakai beberapa detik saja.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (41)

Akhirnya apa yang saya cari yaitu good looking and powerfull engine in one car, saya temukan di team B16 AP Speed di Jakarta. Selain B16 AP Speed ada juga Engine+ dan Wisesa Motorsport yang juga ngerti bahwa mobil balap itu selain kencang harus juga cantik dan bersih. Selama 1 tahun meliput pasukan all motor EG6 B16, saya melihat beberapa EG6 dan Honda Civic drag race di beberapa kota di Indonesia sudah mulai terinfluence dengan style ini. Dan pasukan EG6 B16 AP Speed sudh menjadi barometer untuk tuning with attitude ini.  And it’s a good sign and good news untuk scene drag race di Indonesia.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (64)

Oleh karena itu saya pun merayu Aik dan M. Herdy untuk merubah tampilan atau livery Rainbow ini menjadi sesuatu yang baru, sesuatu yang fresh, sesuatu yang extraordinary, yang wow, dan belum pernah ada di Indonesia. Ya katakanlah trendsetter. Maklum sudah hampir 1 tahun saya mengawal Rainbow dengan carbon look nya, so pasti saya saja bosan, apalagi Anda dengan mobil yang memecahkan rekor the fastest all motor Indonesia 12.107 detik oleh M. Herdy ini. Akhirnya dipilihlah warna camouflage atau army look, sayapun langsung acc dengan pilihan Aik dan M. Herdy. Sementara Tomahawk milik Rian pun tak ketinggalan juga berubah menjadi camouflage ala samco house nya.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (72)Namun sayang pada race kali ini Tomahawk yang sudah seharusnya berduet dengan Rainbow dengan livery barunya yang berupa camouflage harus di pending terlebih dahulu karena Rian tidak bisa hadir.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (73)

Setelah hujan yang cukup deras mengguyur Sentul, M. Herdy pun kembali menuju garis start untuk melakukan 2nd run nya di qtt day.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (57)

Aik yang belum sekali pun mencoba atau run dengan Rainbownya di babak qtt pun bergegas menuju pit wall untuk melihat Rainbownya. Rencanya setelah M. Herdy, pria yang baru kelar Unas SMA ini akan melakukan 1st run di qtt day ini.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (74)

Lintasan yang setengah basah dan kering ini akhirnya dilibas oleh M. Herdy dengan Rainbow, dan akhirnya berhasil mencetak waktu 12.6  detik. Hasil yang sama yang dicetak olehnya di 1st run.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (76)

Lama menanti di pit, ternyata Rainbow tidak kembali jua. Ternyata Raibow sedang mengalami masalah teknis, yaitu as rodanya lepas. Akhirnya saya dan Oyot pun menuju ke ujung lintasan, tempat dimana Rainbow berhenti di pinggir lintasan.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (77)

M. Herdy pun bercerita bahwa sekitar 30 meter sebelum garis finish, mobil mendadak kehilangan tenaga. M. Herdy pun akhirnya mendapat bantuan petugas Sentul untuk didorong ke tepi lintasan. Selidik punya selidik ternyata as rodanya lepas, “Maklum masih ori belum ganti merek premium seperti driveshaft”, terang Oyot.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (80)Crew AP Speed pun mulai mengevakuasi EG6 ini dengan digeret oleh Toyota Fortuner

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (81)

Dengan dibantu oleh petuga Sentul, akhirnya mobil ini bisa kembali dengan selamat.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (82)

Tenyata bapak yang satu ini adalah pegawai tetap Sentul yang sehari-hari jika tidak aktifitas balapan, maka tugasnya adalah merawat sirkuit ini. Seperti mencabut dan memotong rumput-rumput yang terletak di gravel ataupun tepi lintasan. Sata pun tak keberatan ketika beliau meminta tolong kepada saya untuk memphoto nya. Smile, you’re on Perfourm.com.

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (83)

Seperti yang saya bilang tadi, ibarat wanita cantik, semua orang pasti memandanginya, meskipun wanita itu sedang sedih, senang, apalagi tampil sekseh.  Rainbow pun digeret pulang ke pit, dengan  banyak mata yang tertuju padanya, sambil bertanya “kenapa si Rainbow?”

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day (85)Begitu sampai di depan pit, mobilpun langsung didorong oleh crew AP Speed masuk ke dalam pit

Rainbow B16 AP Speed EG6 - QTT day

Dan langsung mendapatkan perawatan layaknya seorang pasien yang masuk kedalam emergency room atau ruang gawat darurat di rumah sakit. Rainbow pun mendapatkan perawatan pada akhir babak qtt  pada Sabtu sore itu. “Untung saja penyakitnya keliatan sekarang. Coba besok hari, bisa keder neh critanya” terang Daddy atau bang Aprek.  Stay tune on Perfourm.com for the race day. Later….

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

*Hashtag your photo on Instagram with #PERFOURMMACHINEHEAD, and get a chance to get upload on www.perfourm.com

 

 

 

Comments

comments!