RAINBOW B16 AP SPEED EG6 : THE RACE DAY – PT.2 . END

792

Rainbow B16 AP Speed Race day (35)

Setelah pada QTT day Rainbow berhasil mencetak waktu 12.5 detik oleh M. Herdy, dan juga mengalami masalah teknis berupa lepasnya as roda atau as roda sewaktu last run di babak qtt. Kini di race day dengan as roda atau drive shaft yang sudah terpasang dengan sempurna, M. Herdy dan Aik Fahad pun berburu best time mereka di kelas neraka  bracket 12 detik.

Rainbow B16 AP Speed Race dayMinggu pagi, 20 April 2014, crew AP Speed tampak sedang sibuk mempersiapkan 2 mobil yang yang sama-sama mengalami masalah teknis. Rainbow mengalami masalah pada lepasnya as roda atau drive shaft, sementara EG6 milik Rio mengalami masalah pada altenatornya yang tidak mau mengisi

Rainbow B16 AP Speed Race day (4)

Namun EG6 bermesin B18C ini kini sehat lagi dengan didonorkan altenator baru. Kerusakan atau ngadatnya altenator merupakan penyakit yang sering dialami oleh pemilik mobil Civic yang sudah di swap dengan B series.

Rainbow B16 AP Speed Race day (2)

Begitu 2 mobil ini sudah selesai diperbaiki, Daddy atau Bang Aprek pun menjalankan tugasnya untuk finishing dengan mengecek ulang semua bagian dari mobil, mulai dari mesin, shift light pada autometer, hingga tekanan ban.

Rainbow B16 AP Speed Race day (3)

Sesaat setelah Daddy mengecek ulang seluruh bagian Rainbow, M. Herdy pun langsung mengeluarkan Rainbow menuju ke area parkir paddock bawah.

Skunk 2 Wisesa Motorsport  EG6 - Yose (13)Seperti yang Anda lihat disini, pasukan Wisesa Motorsport, Predator dan Skunk 2, tampak sudah bersiap menghadapi race day.

Rainbow B16 AP Speed Race day (5)

M. Herdy pun hanya mencoba 2 kali run di parkiran paddock bawah, dn hasilnya Herdy cukup puas dengan test kali ini.

Rainbow B16 AP Speed Race day (6)

Lalu kembali ke pit AP Speed dan memberikan laporan kepada Daddy kalo semuanya ok.

Rainbow B16 AP Speed Race day (7)

Lalu kembali lagi masuk kedalam EG6 milik Rio

Rainbow B16 AP Speed Race day (9)

Dan mencoba nya di area parkir paddock bawah. Dan semua ok.

Rainbow B16 AP Speed Race day (10)Lalu setelah semua mobil dalam kondisi fit. Saya pun mengajak semua crew dan keluarga besar B16 AP Speed untuk berphot bersama. Ini adalah ritual wajib yang saya lakukan jika memphoto B16 AP Speed atau team lainnya.

Rainbow B16 AP Speed Race day (13)

Bahkan salah satu anggota keluarga besar B16 AP Speed memotong rambutnya hingga berbentuk tulisan B16.

Rainbow B16 AP Speed Race day (12)

Aik Fahad tampak sedikit deg-degan menghadapi race pada hari itu, karena pada qtt day kemaren dia belum sempat mencoba Rainbow di lintasan

Rainbow B16 AP Speed Race day (14)

Heat 1 di race day pun segera di mulai. M. Herdy dan Aik pun mulai memasuki cockpit Rainbow

Rainbow B16 AP Speed Race day (15)

Yang selanjutnya membawa mereka berdua menuju ke area waiting zone dan garis start. I Love this new livery. So damn hot.

Rainbow B16 AP Speed Race day (16)

Cukup aneh melihat pemandangan ini, jika pada tahun lalu biasanya team AP Speed menurunkan hingga 6 pasukan all motor EG6, tapi kali ini hanya 2 saja. Tak ada lagi pemandangan pantat EG6 yang maju ke medan perang.

Rainbow B16 AP Speed Race day (17)

Tampak Rio sudah mulai melesat meninggalkan garis start dengan EG6 nya, dan mencetak waktu 14.114 di kelas 13 detik. Cukup jauh dari 13.000

Rainbow B16 AP Speed Race day (18)

Rainbow pun sudah mulai memasuki area waiting zone, dimana monster-monster kelas bracket 12 detik sudah mulai memenuhi area waiting zone.

Rainbow B16 AP Speed Race day (19)

Mulai dari All motor hingga force induction sekelas Evo, semuanya bertarung membuktikan siapakan yang tercepat di kelas 12 detik. Kelas bracket 12 detik adalah tempat terakhir dimana all motor di Indonesia head to head dengan mobil turbo sekelas Evo ataupun Epo.

rainbow B16 AP Speed race daay (4)Namun balapan sempat dihentikan akibat kebakaran yang terjadi pada EG6 dari team Ricks Motor yang di piloti oleh Hercyo Aryanto. Tak ada korban jiwa ataupun yang terluka disini, Hercyo berhasil menyelamatkan diri sesaat sebelum api membakar body bagian depannya yang berasal dari lepasnya selang bensin ke 4 barrel yang akhirnya menyambar ke altenator

Rainbow B16 AP Speed Race day (20)

Setelah agak lama menunggu, akhirnya race dimulai lagi. Sebelum bertarung di kelas bracket 12 detik, pria asal Cianjur Jawa Barat ini terlebih dahulu bertarung di kelas 13 detik dengan EG6 milik Rio yang dipersenjatai dengan B18C

Rainbow B16 AP Speed Race day (22)

Herdy pun melesat dengan  sempurna dari garis start

Rainbow B16 AP Speed Race day (23)

Dan mencetak waktu 13.418 dan bertengger di posisi ke-4 dari 22 peserta yang mengikuti kelas bracket 13 detik.

Rainbow B16 AP Speed Race day (24)

Di belakang M. Herdy tampak Aik yang sedang bersiap-siap memulai heat 1 nya di kelas bracket 12 detik

Rainbow B16 AP Speed Race day (25)

Sebelum maju kegaris start, Aik menyempatkan terlebih dahulu untuk berdoa atas kelancaran, keselamatan, dan yang pasti kemenangan. Bagaimanapun juga ini adalah motorsport, 50% adalah factor lucky.

Rainbow B16 AP Speed Race day (26)

Dan yang namanya motorsport atau balapan kata orang seperti ibadah, semakin ngebut, semakin dekat dengan Tuhan. So alangkah baiknya kita sebelum maju ke garis start berdoa terlebih dahulu.

Rainbow B16 AP Speed Race day (27)

Apalagi bagi Aik yang terakhir menginjak pedal gas Raibow pada November 2013 yang lalu, sementara pada Qtt  kemaren belum sempat mencoba nya karena hujan deras. Dan Anda tahu sendiri dia berada di balik kemudi sebuah monster All Motor yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 380 HP, dan best timenya adalah 12.107 detik (Indonesia all motor record).

Rainbow B16 AP Speed Race day (28)

Start Aik pun berjalan lancar. Pria yang baru saja lulus SMA ini meninggalkan garis start dengan cukup bagus.

Rainbow B16 AP Speed Race day (30)Namun sayang ketika measuki shifting atau pergatian gigi dari 2 ke-3, Aik miss gear. Lalu kemudian di ulangi lagi miss gearnya pada shifting dari 3 ke-4. Hari yang berat untuk Aik, dimana selama 6 bulan belum pernah bercinta dengan Rainbow, sekalinya bercinta, miss gear hingga 2 kali.

Rainbow B16 AP Speed Race day (31)

Rio dan Daddy yang melihat dari garis start Cuma bisa geleng-geleng dan tersenyum melihat Aik yang melakukan miss gear hingga 2 kali. Aik pun hanya mampu mencetak waktu 14.099 detik, dan terlempar dari zona aman heat ke-2.

Rainbow B16 AP Speed Race day (32)

Joki ke-3 dari EG6 Rio adalah Oyot

Rainbow B16 AP Speed Race day (33)

Oyot pun dengan mulus berhasil mengawali startnya  dengan baik, dan kemudian menuju ke garis finish, yang akhirnya finish dengan waktu 13.432. membuatnya bertengger di posisi ke-7 dari 22 peserta di kelas bracket 13 detik.

Rainbow B16 AP Speed Race day (34)

Kini giliran M. Herdy yang berada di balik kemudi Rainbow. Dia dan Rainbow bisa dibilang memiliki ikatan batin khusus, karena pada November 2013 yang lalu mereka berdua berhasil mencetak rekor baru All Motor di Indonesia, yaitu 12.107 detik.

Rainbow B16 AP Speed Race day (35)Kini di musim balap 2014, M. Herdy dan Rainbow kembali lagi ke lintasan drag race  Sentul untuk mempertahan gelarnya, atau kalo bisa memecahkan lagi rekor mereka berdua

rainbow B16 AP Speed race daay (3)

M. Herdy pun akhirnya menyelesaikan heat 1 pada race day kali itu dengan waktu 12.539 detik, yang membuatnya bertengger di posisi ke-3 dimana posisi 1-2 nya di isi oleh pasukan keong racun atau turbo

Rainbow B16 AP Speed Race day (36)

Saya sendiri  melihat Daddy setengah deg-deg an melihat catatan waktunya M. Herdy. “Mempertahankan memang lebih susah daripada mencapainya”, kata Daddy

Rainbow B16 AP Speed Race day (37)

Ada yang unik dari perjalanan saya kali ini. Ternyata saya bertemu dengan teman satu bangku sewaktu saya kelas 1 SMP di kota Tegal. Sebut saja namanya Andre, yang saya ingat anak ini dulunya rambutnya kelewat klimis ala pome boy, namun saya menyebutnya jelantah boy dengan rambut yang disisir kebelakang ala mafioso. Ternyata setelah 1 tahun kemaren kami sering bertemu, ternyata usut punya usut dia orang Tegal dan sekolah di SMP 2 yang sama dengan saya. Dia lah yang bilang kalo dia adalah si jelantah boy tersebut…and I get shocked ! Saya sendiri tinggal di Tegal hanya 3 tahun (4 SD- 1 SMP), itulah asal muasal kenapa saya mendaptkan nickname Nyonk.  Hidup memang punya caranya sendiri sendiri untuk mempertemukan orang. Atau mungkin dengan jodoh kita, tentu saja not that guy.

Rainbow B16 AP Speed Race day (38)

Hidup juga punya caranya sendiri untuk berbagi kasih sayang antara kita dengan orang tua kita. I mean, berapa banyak coba dari kita yang ingin balapan yang di full support dan di restui oleh ke-2 orang tua kita? Saya yakin suara hati kecil Anda berkata “I wish”, termasuk saya juga. Sebagian besar dari kita pake acara backstreet boys atau illegal (berbohong, korupsi uang kuliah, dll)  tanpa ketahuan orang tua kita untuk bisa stay on track. Tapi alangkah indahnya jika kita bisa seperti dalam frame photo ini.

Skunk 2 Wisesa Motorsport  EG6 - Yose (2)Ngomong-ngomong soal indahnya race day hari itu tampaknya akan segera berakhir dengan awan pekat hitam yang menutupi sirkuit Sentul. Satu-persatu peserta pun meninggalkan pit nya dengan tergesa-gesa karena gerimis sudah mulai membasahi lintasan. Apalagi ini adalah heat ke-2. Tampak Yose dengan Skunk 2 Wisesa Motorsportnya tergesa-gesa meninggalkan  pitnya

Rainbow B16 AP Speed Race day (39)

Dibelakang Yose, M. Herdy pun tampak mengikuti jejak Yose yang langsung berangkat ke garis start sebelum gerimis berubah menjadi hujan deras. Di sampingnya Hendra dengan Predator Wisesa Motorsport EG6 tampak sedang bersiap-siap untuk meninggalkan pit nya.

rainbow B16 AP Speed race daay

Ternyata benar, gerimisnya menjadi semakin deras, namun masih tipis-tipis. Namun permukaan lintasan tampak sudah tidak kering lagi alias basah. Padahal beberapa mobil seperti Yose dan M. Herdy masih menggunakan ban kering atau slick.

Rainbow B16 AP Speed Race day (40)

Turun di heat ke-2 di kelas bracket 12 detik yang permukaan lintasannya berubah menjadi basah tidak membuat M. Herdy melepaskan kakinya dari pedal gasnya walaupun dia tau dia “wrong way” alias salah ban.

Rainbow B16 AP Speed Race day (41)

Terlihat memang mobil ini seperti sedikit berdansa atau mengambang karena tidak mendapatkan traksi dengan permukaan lintasan.

Rainbow B16 AP Speed Race day (42)

Namun tak ada pilihan lain untuk M. Herdy selain flat out bersaing dengan Epo III dari team Sigma Speed yang memburunya dari awal.

Rainbow B16 AP Speed Race day (43)

Suasana tegang pun terjadi di depan pit B16 AP Speed dimana semua anggota team ini melihat kea rah catatan waktu M. Herdy yang terletak di garis finish. Dan semuanya pun tidak bisa melihat dengan jelas, terlebih lagi hujan sudah mulai turun.

Rainbow B16 AP Speed Race day (44)

Di temui di dalam pit sekembalinya dari garis finish. M. Herdy pun bercerita bahwa tadi adalah race yang cukup sulit dari start hingga finish, dimana dia harus mengorbankan startnya dengan menjaga agar ban slicknya tidak over spin, dan menjaga mobil ini tetap lurus walaupun dia merasakan mobil ini mengambang karena bannya tidak menempel dengan lintasan. Yang hanya dia lakukan adalah meluruskan steering wheelnya dan konsentrasi melihat lurus kedepan. Dari awal dia hanya fokus melihat ke depan saja, tanpa melihat Epo disampingnya, karena dia tahu dia menggunakan FWD sedangkan Epo III AWD.

rainbow B16 AP Speed race daay (2)

Selang beberapa menit  M. Herdy memasuki pit, hujan pun turun dengan derasnya, bahkan terbilang seperti badai. Race pun akhirnya di tunda, lalu dibatalkan oleh pimpinan lomba.

Rainbow B16 AP Speed Race day (45)

Sementara terjebak di dalam pit,dan tidak tahu akan hasil run tadi, M. Herdy pun berhubungan dengan Daddy atau bang Aprek yang berada di garis start.

Rainbow B16 AP Speed Race day (46)Akhirnya diputuskan race dibatalkan, dan karena heat ke-2 dari kelas bracket 12 detik yang baru start hanya 4 peserta, jadi waktu yang diambil adalah dari waktu di heat 1. Itu berarti M. Herdy berada di posisi ke-3 di kelas bracket 12 detik dengan catatan waktunya 12.539 detik

Rainbow B16 AP Speed Race day (47)

Yang berarti M. Herdy, Rainbow, dan AP Speed masih mempertahankan sebagai All Motor tercepat di Indonesia. Walaupun catatan waktunya jauh (12. 539) diatas rekornya sendiri (12.107), dan berada di posisi ke-3 dari juara 1dan 2 yang semuanya disi oleh mobil turbo.

Rainbow B16 AP Speed Race day (48)

Well done B16 AP Speed.

Rainbow B16 AP Speed Race day (52)

Hujan pun reda, dan tibalah waktunya untuk penyerahan piala di podium Sentul. Di mulai dari kelas 16 detik, Anggoro Oyot yang diwakilkan oleh Joe menerima piala juara ke-5 di kelas 16 detik dengan catatan waktunya 16.3 detik.

Rainbow B16 AP Speed Race day (51)

Sementara di kelas bracket 12 detik. M. herdy yang diwakilkan oleh salah satu anggota B16 AP Speed naik ke atas podium untuk menerima piala juara ke-3 dengan catatan waktunya 12.539 detik

Rainbow B16 AP Speed Race day (53)

Total piala yang didapat B16 AP Speed hari itu adalah 3 buah, yaitu juara ke-5 dikelas 16 detik, juara ke-5 di kelas 13 detik, dan akhirnya juara ke-3 di kelas 12 detik. Walaupun hanya turun dengan 3 mobil saja, namun team yang bermarkas di daerah Duren Sawit ini tetap meneruskan tradisinya pulang dengan membawa piala.

Rainbow B16 AP Speed Race day (54)

Kelar penerimaan piala dan photo bersama, saya pun berpisah dengan rombongan besar B16 AP Speed, yang dimana tujuan saya terakhir adalah bengkel AP Speed di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur.

Rainbow B16 AP Speed Race day (55)

Dan sialnya lagi kami pulang bertepatan dengan jamnya downhill dari arah puncak. This is Jekartah, kenapa si Komo harus keluar disaat kami sedang kecapek an. Tapi untungnya saya duduk di kursi penumpang, bukan di pilot. Jadi ya auto pilot saja.

Rainbow B16 AP Speed Race day (56)

Dan untungnya lagi saya malam hari itu ditaktir Daddy atau bang Aprek makan sop kaki kambing dengan bonus 10 tusuk sate kambing yang membuat saya menjadi high rev lagi. Saya pun mengakhiri race day pada hari itu dengan makanan serba Shawn the Sheep ini.

Rainbow B16 AP Speed Race day (49)

See you in the next race with team B16 AP Speed guys…

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk

 

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

*Hashtags your photo with  #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

 

 

Comments

comments!