TOP 1 INDONESIA OFFROAD COMPETITION 2014

1973

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (11)

No roads, no problems. Itulah sebuah bloody quotes atau tagline yang diciptakan oleh pecinta Jip atau kendaraan 4×4 yang tampangnya lebih cocok untuk jadi kendaraan badan SAR nasional, daripada monster offroad ataupun some metrosexual Jip car with dat bling bling car. Top 1, Land Cruiser VX Owner Group Indonesia, dan PIS Enterprise back to back membuat sebuah event yang bernama TOP 1 Indonesia offroad Competition 2014 yang berlangsung dari tanggal 17 April- 20 April 2014. Dan no roads yang no problem untuk dilibas adalah alam liar Bangkalan  di pulau Madura.

top 1 indonesia extreme off road competition 2014- nyonk (2)And trust me guys, jika bukan karena Top 1 mengadakan acara press conference di Tugu Pahlawan, saya tidak akan pernah masuk dan menginjakkan kaki saya di tugu yang dibangun untuk mengenang para arek-arek Suroboyo yang gugur sewaktu berjuang melawan Belanda feat. Sekutu pada 10 November 1945. Setelah hampir 20 tahun jadi arek Suroboyo, baru kali ini saya secara officially menjadi arek Suroboyo cuk !

top 1 indonesia extreme off road competition 2014- nyonk (3)Press conf kali ini dihadiri oleh 3 perwakilan dari IOF (M. Harjanto) , Land Cruiser-VX Indonesia Owner Club (H. Ananto Haryo), dan juga Top 1 Oil (Arief Goenadibrata)selaku sponsor utama event kali ini.

top 1 indonesia extreme off road competition 2014- nyonk (4)Arief Goenadibrata, selaku Executive Vice President dari TOP 1 Oil  mengatakan “Bahwa ada 2 hal yang bis di dapat Top 1 Indonesia Off Road Competition 2014 ini. Yaitu yang 1 adalah sport, dank ke-2 adalah  fun adventure. Para peserta juga bisa menjelajahi alam di Jawa Timur yang mungkin belum pernah mereka sambangi”, terang bos Top 1 Oil yang ternyata arek Suroboyo ini.

top 1 indonesia extreme off road competition 2014- nyonkTerhitung sekitar 70 peserta yang mengkuti event yang rencananya akan diadakan setiap tahunnya di Pulau Madura ini. Mulai dari team off road dari kota Surabaya sendiri, Jangkar Miring Team.

top 1 indonesia extreme off road competition 2014- nyonk (5)Hingga team besar sekelas Jhonlin racing team yang datang dari markasnya di Batu Licin Kalimantan Selatan dengan pasukan UTV nya.

top 1 indonesia extreme off road competition 2014- nyonk (6)Salah satu alasan dari animo sekitar 70 peserta yang datang dari seluruh daerah Indonesia untuk datang dan bertarung di event Top 1 Indonesia Extreme Off Road Competition 2014, adalah hadiahnya yang cukup besar. Yaitu juara umumnya atau 1 memperoleh sebuah mobil LCGC Daihatsu Ayla, motor trail, dan sebuah motor matic.

top 1 indonesia extreme off road competition 2014- nyonk (7)

Dan semuanya dipersembahkan oleh Top 1 oil selaku sponsor utama event in dan juga karunia motor serta benelli. Produk oli made in USA ini memang sedang gencar untuk masuk kedalam scene motorsport dan otomotif di Indonesia. Mulai dari balap touring di Sentul Circuit, Audi one make race, hingga akhirnya Off road. Benang merahnya adalah produk  TOP 1 HP Plus 10W-40 yang sudah dibuktikan lewat ekspedisi lintas Afrika sepanjang 22 ribu kilometer.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014Karena Mas Nyonk sudah menghadiri press conference pada hari sebelumnya, maka Saya pun memutuskan untuk menyeberangi Jembatan Suramadu dan datang untuk meliput Indonesia Offroad Competition 2014 yang diselenggarakan oleh TOP 1, Land Cruiser VX Owner Group dan PIS Enterprise di Sirkuit Bukit Basmala, Bangkalan, Madura.

Setelah sekitar 1 jam perjalanan saya pun sampai pada lokasi Extreme Off Road yang diselenggarakan oleh Top 1, Land Cruiser VX Owner Group, dan PIS Enterprise ini. Dari tempat parkir Saya berjalan sekitar 400 meter melewati jalan tanah kapur dan penuh dengan tanjakan, kedatangan Saya siang itu juga disambut oleh hujan deras yang mengguyur Kota Bangkalan sehingga Saya harus menunda untuk berkeliling lokasi dan berteduh di tenda panitia.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (1)Sebelum berkompetisi di track yang mempunyai basic dari tanah kapur ini, para peserta dan Land Cruiser VX Indonesia Owner Group melakukan konvoi bersama dimulai dari Tugu Pahlawan Surabaya dan finish di Sirkuit Bukit Basmala Kota Bangkalan, Madura. Rute yang dilalui pun melewati icon-icon Surabaya diantaranya Jembatan Merah dan Jembatan Suramadu.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (2)Ketika hujan reda, Saya pun memutuskan untuk berjalan-jalan di sekeliling track, dan pemandangan inilah yang saya dapatkan. Jembatan Suramadu, jembatan yang menjadi ikon dari Surabaya dan Madura yang menghubungkan Pulau Jawa (Kota Surabaya) dan Pulau Madura (Kota Bangkalan). Jembatan yang memiliki panjang 5.438 meter ini diresmikan pada 10 Juni 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (12)Pemandangan Selat Madura yang tidak kalah bagus juga Saya dapatkan ketika berjalan disekitar paddock yang penuh dengan lumpur karena baru saja diguyur hujan.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (6)Selain untuk memajukan olahraga Off Road Tanah Air, pihak Top 1, Land Cruiser VX Owner Group dan PIS Enterprise menyelenggarakan Extreme Off Road ini juga ditujukan sebagai sarana sosialisasi alam Indonesia yang terkenal eksotis, sekaligus memberikan hiburan pada rakyat Jawa Timur khususnya yang tinggal di Madura. Terlihat salah satu offroader dari Jhonlin Racing Team sedang menyelesaikan salah satu SCS yang ada.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (13) Jhonlin Racing Team adalah tim offroad asal Batulicin, Kalimantan Selatan yang semua pembalapnya berkompetisi dengan UTV Polaris (Utility Task Vehicle).

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (7)“Ada dua hal yang bisa didapat dalam Indonesian Off Road Competition 2014, pertama adalah sport dan yang kedua adalah fun adventure. Para peserta bisa menjelajahi alam di Jawa Timur yang mungkin belum pernah mereka sambangi,” ujar Head of Marketing TOP 1 Indonesia Roy LeFrans.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (5)Siapa tahu setelah melihat event ini ada salah satu dari mereka yang mulai tertarik pada balap off road dan membangun mobil off road untuk kemudian mulai ikut berkompetisi pada kejuaraan off road selanjutnya.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (3)Feels like in Hollywood bro?

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (9)Memang mayoritas offroader yang berkompetisi pada event ini adalah laki-laki, tetapi ternyata ada juga offroader perempuan yang berkompetisi pada event yang diselenggarakan oleh Top 1, Land Cruiser VX Owner Group, dan PIS Enterprise ini.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (8)Natasha Devianti dari Banteng Merah Bojonegoro Offroad Team.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (10)Walaupun sempat mengalami beberapa kendala diantaranya tidak mendapatkan traksi yang bagus pada saat menghadapi track extreme off road, namun dia dan co-drivernya berhasil menyelesaikan tantangan tersebut.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (11)Good job…

Head of Marketing TOP 1 Indonesia, Roy LeFrans juga mengatakan, “Seluruh Off Roaders di kompetisi ini akan kami rekomendasikan untuk menggunakan oli TOP 1 HP Plus 10W-40, TOP 1 HP Sport 15W-50 dan TOP 1 HP 20W-50. Produk TOP 1 ini merupakan oli synthetic blend  yang memenuhi spesifikasi kendaraan dengan teknologi terkini. Performa TOP 1 HP Plus 10W-40 sudah dibuktikan lewat ekpedisi lintas Afrika sepanjang 22 ribu kilometer.”

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (4)Bagi peserta yang menggunakan jip bermesin Diesel, TOP 1 pun menyediakan oli TOP 1 HD 15-40. Oli diesel kelas dunia ini sudah memenuhi  standar mesin diesel dari US, Jepang, dan Eropa. TOP 1 HD 15W-40 menjawab keinginan para pengendara yang menginginkan mobil lama atau baru mereka terlindungi dengan baik. TOP 1 HD 15W-40 juga cocok untuk semua mesin diesel berbahan bakar solar termasuk mesin ganda, dan turbo.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (14)

Dan seperti yang biasanya dikatakan oleh Founder dari Perfourm.com, Nyonk. Bahwa dalam Motorsport, sometimes you win some, lose some, and wrecked some. Wrecked some saat itu dialami oleh salah satu offroader dari Jhonlin Racing Team yang mengalami kerusakan pada sektor kaki-kaki UTV nya.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (15)Ada juga salah satu peserta yang mengalami wrecked some, sepertinya kehilangan kendali beberapa meter sebelum finish sehingga menyebabkan mobilnya terbalik. Co-driver pun berhasil keluar melompat tanpa cidera.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (16)Namun drivernya masih stuck di dalam dan sedang berusaha melepaskan seatbelt nya untuk kemudian segera keluar dari mobil.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (17)Beberapa saat kemudian dia pun keluar dengan selamat tanpa mengalami cidera berat.

adhyasaka offroad bukit basmala madura 2014 (18)

Dan service car pun berhasil membalikkan kembali mobil tersebut untuk kemudian ditarik menuju luar lintasan. Hal yang memang harus selalu ditekankan pada saat anda terjun dalam dunia motorsport yaitu safety first.

See you at the next Off Road event guys…

 

Adhyasaka Hutama

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

*Hashtags your photo with  #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

 

Keterangan

NL : Nomor Lambung

D&Co D: Driver & Co Driver

C : Club

AD : Asal Daerah

**Juara 1: No Lambung : 56 ,Driver & CO driver : Azis Yurianto / ahonk Adi,Club : Galena Logistik Sby,Asal daerah : Sby
**Juara 2 : NL : 51,D & Co D : Henry dunan/dani rastian,C : JHonlin Racing team,AD :KalSel.
**Juara 3 : NL : 15,D&Co D : Wahyu Lamban S / Dimas Yan Berlin, C: Melia Laundry, AD : yogyakarta

**Juara 4: NL : 60,D& Co D : DR.Jack/ Harmanto ,C: Galena Logistik team ,AD Sby

** Juara 5 : NL : 24 ,D & Co D : Ridha Giwangkara / nuryanto ,C : himada mAndiri ,AD : Purwakarta

**Juiara 6 : NL :  29 ,D & Co D : ikadek udayana /ikade era K, C: Laksamana BOC bali , AD : Bali

** Juara 7 : NL :  26 ,D & Co D : Hariono / sansan, C : Jhonlin racing team ,AD : Kalsel

** Juara 8 : NL :  46 , D & Co D : Krisna Didit/ erika tata ,C : galena logistik Sby ,AD : Sby

** Juara 9 : NL : 48 ,D & Co D : Yuma / asep, C: Jhonlin racing team ,AD : Kalsel

** Juara 10 : NL : 27 ,D & Co D : denda Cipta /Lilik sukoco , C : sendang kartasura team ,AD : kartasura

SHARE
Previous articleTHINK TANK : WHEN B16 HEAD MEET THE B20 BLOCK
Next article#PERFOURMMACHINEHEAD : INDONESIA MINI CLUB SURABAYA MORNING RUN
Adhyasaka Hutama
Starting photography hobby as a beginner for about 6 years ago. Used to shoot Nature, Landscape, and Stage Photography. But we all know that boys will be boys. As I grew older my passion for photography has grown to a whole new level. And today, I'm a real big fan for any kind of Motorsports and also Japanese 80's & 90' cars. Photography? Motorsport? Which one to choose? Why not both? Holla at me on Instagram @adhyasaka_h

Comments

comments!