EMBRIO RACING

3560

BRIO RACING AT SENTUL DRAG RACE 2014 round 1 (16)

Honda..honda..honda..apapun yang diciptakan oleh pabrikan milik eyang Soichiro Honda ini selalu saja menjadi mesin balap di jalanan atau pun di sirkuit. Mungkin karena darah Soichiro-San yang racing in his blood mengalir sampai saat ini melalui teknologi jantungnya mesin Honda yang bernama V-tec. But v-tec is so yesterday, it’s time for i-vtec just kicked in ya! Dan kali ini i-Vtec nya tidak kicked in K20R, namun pada city car mungil bernama Honda Brio yang tampak sedang menjamur di Indonesia , dan tentu saja di Sentul International Circuit.

BRIO RACING AT SENTUL DRAG RACE 2014 round 1 (14)

Honda Brio sendiri merupakan mobil yang diciptakan  pada tahun 2011 untuk mengisi celah atau dipasarkan di bawah Honda Fit atau Jazz. Namu seiring berjalannya waktu, dan pemerintah mempunyai kebijakan berupa LCGC atau Low Cost Green CAR  a.k.a mobil irit dan juga murah karena kandungan lokalnya mencapai 85%. Honda Brio made in Indonesia yang bernama Honda Brio Satya ini pun Anda bisa dapatkan dengan harga mulai dari 109 juta. Makanya tak heran saya melihat banyak Brio wara-wiri di Sentul Drag Race, dan menurut saya yang paling keren adalah Brio berwarna orange milik  Ricky Adikama Putra dari Brio Project Indonesia dengan warna orange yang menyala dipadukan dengan carbon vender, dan 15’inch Regamaster  Evorims. Waktu dari Brio ini adalah 16.581 dan bertengger diposisi 37 dari 53 peserta di kelas bracket 16 detik.

BRIO RACING AT SENTUL DRAG RACE 2014 round 1 (15)

Selain itu dibuat drag race atau touring, di Jakarta sendiri sedang happening membuat si mungil ini menjadi cinta tanah air alias ceper mampus ala stance. Well, yang paling susah disini adalah mengawinkan besarnya rims dengan ban supaya bisa masuk kedalam vendernya yang tergolong masih vencil..alias vender kecil.lol Tapi kalo Anda berhasil..well you must befall in love with it.

BRIO RACING AT SENTUL DRAG RACE 2014 round 1 (17)

Tampang dari Brio ini memang cukup sporty dan racing.

BRIO RACING AT SENTUL DRAG RACE 2014 round 1 (12)

Ya bukan rahasia umum lagi jika hampir semua mobil yang dilahirkan dari pabrik Honda mempunya gen racing. Jadi mau diapa-apakan aja, mobil Honda itu lebih baik di modif JDM ataupun racing. Seperti duo Brio yang dimodif oleh BTX Concept Bandung untuk team mereka Honda Surabaya Center

BRIO RACING AT SENTUL DRAG RACE 2014 round 1 (5)

Bukan Brio biasa namun Brio yang dimelarin alias versi MPV  7 seater-nya yaitu Honda Mobilio. Walaupun MPV namun tak luput juga dari tangan tuner yang kegatelan untuk mengupgrade body nya dan juga enginenya.

BRIO RACING AT SENTUL DRAG RACE 2014 round 1 (8)

Untuk dapur pacunya, New Brio Satya dipersenjatai dengan 88 ps 1.2 Lt i-Vtec SOHC  yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 88 ps dan torsi 11.1 kg.m pada 4.500/rpm.  Just for your info guys 88 hp merupakan horsepower terbesar dikelas LCGC, karena LCGC menerapkan standart cc berupa 1.200 cc. Dan semua Brio Satya didukung oleh transnisi manual dengan 5 speed. Dengan konsumsi bensin 1/20 km.

BRIO RACING AT SENTUL DRAG RACE 2014 round 1 (10)

Tertarik untuk meng engine swap engine bay ini dengan L15A (slalom paling banyak ) atau B series atau K series maybe? Ya kebanyakan yang saya lihat disini hampir semua Brio sudah mempensiunkan mesin 1.3 Lt nya dengan 1.5 Lt.

BRIO RACING AT SENTUL DRAG RACE 2014 round 1 (7)

Yang dimana pemasangannya tinggal plug and play persis seperti Anda ganti chasing HP Anda. Yang dimana kata para pengusaha sekarang, cuannya sangat banyak. Yaitu mesin 88 ps digantikan dengan mesin 120 hp pada body yang hanya seberat 920 kg.

BRIO RACING AT SENTUL DRAG RACE 2014 round 1 (4)

Hasilnya seperti yang Anda lihat sendiri..ngacir. Bahkan saking ngacirnya Noni dan  Aik  dari team SM Bilqis – LAAS Sumedang kebablasan dari bracket 17 detik. Yaitu 16.596 (Noni) dan 16.738 (Aik)

BRIO RACING AT SENTUL DRAG RACE 2014 round 1 (3)

Sementara pembalap slalom dari team Honda Surabaya Center, Reindy harus brake out dari kelas 17 detik (16.662). Sementara tandemnya Praba Rizki hanya mampu menduduki posisi ke 11 do kelas bracket 17 detik (17.004).

BRIO RACING AT SENTUL DRAG RACE 2014 round 1 (11)

Kurang Hell Yea! Honda Brio yang di melarkan atau dipanjangkan lagi hingga mampu memuat 7 penumpang yang dimana owner dari Mobilio yang pertama kali di modif ini adalah petinggi dari Honda Surabaya Center. Dan pembalapnya hari itu adalah Claudia Aprilia dari team Honda Surabaya Center yang memperoleh best time 18.081 detik di kelas bracket 18 detik

BRIO RACING AT SENTUL DRAG RACE 2014 round 1

Well, saya yakin seyakinyakinnya para car enthusiast di Indonesiatentu tak akan tinggal diam melihat mobil murmer yang bisa di apa-apakan ini duduk diam manis saja. Honda Brio sering juga digunakan untuk Slalom, Drag race, dan juga touring. Diantaranya pihak Honda Prospect Motor mengadakan Brio Saturday Night Challenge (slalom) dan Brio Speed Challenge (touring).

BRIO RACING AT SENTUL DRAG RACE 2014 round 1 (13)

Tertarik untuk menjejalkan mesin K20R dari FD2R ke dalam engine bay Honda Brio seperi Brio Spoon Sport? Yang pasti i-vtec just kicked in ya lah !

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

*Hashtags your photo with  #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

 

 

 

Comments

comments!