H. DADANG & THE TIGER PROLOGUE, PT.2 – END

Pas saya tanya mengenai planning kedepannya di dunia otomotif atau motorsport H. Dadang pun menjawab bahwa dia berencana akan memenuhi garasi Tigernya dengan koleksi mobil dan motor custom ataupun RX King nya sebelum dipindah ke musim otomotif pribadinya yang rencananya akan membangun sebuah Kawasan wisata terpadu di kaki gunung Sanggabuana, Karawang.

“ InsyaAllah saya akan membangun sebuah Kawasan wisata di kaki gunung Sanggabuana, di mana didalam Kawasan milik saya tersebut akan saya bangun sebuah kawasan wisata terpadu yang mana terdapat wahana bermain dan edukasi, kebun binatang dan peternakan sapi, perumahan, musium otomotif, hingga sirkuit dragrace”

“Khusus untuk musiumnya, nanti seluruh koleksi motor saya mulai dari Harley Davidson, RX King, custom bike, hingga koleksi Mercedes dan  mobil sport saya akan saya pajang disana. Terutama koleksi motor Yamaha RX-King saya yang mencapai 200 unit, termasuk edisi yang paling langka. Maklum saja jaman saya muda atau SMA dulu di Bandung, saya trek-trekan pakai RX King.hahaha” Kenang H. Dadang.

Dan spesialnya lagi di tahun 2021 ini, H. Dadang dan The Tiger GTR  akan come back lagi di dunia persilatan drag race Indonesia. “InsyaAllah tahun ini Tiger akan Kembali lagi meramaikan balap drag race di Indonesia” jawab Pak haji.

Saat ini Tiger sedang di bangun ulang oleh Setiady Sungkono, pemilik sekaligus tuner ART Jakarta, supaya bisa tampil lebih kompetitif dengan mesin yang baru dan semangat baru dari GTR berkelir kuning ini.

” Untuk masalah mesin, target saya adalah 1200 hp, mengingat track yang ada di Indonesia belum ada yang memadai jika terlalu besar powernya. Terang H. Dadang. Senada dengan sang owner, Setiady Sungkono tuner ART Jakarta bahwa fokus paling penting dari mobil ini pada mesinnya. ” Fokus pembangunan dari mobil ini adalah pada bagian mesin, karena mesin yang lama sudah tidak bisa dipakai (HKS GT38). Jadi kita bangun mesin yang baru. Blok mesin pakai blok mesin yang baru, crankshaft, condrod, piston, semua nya baru. Tpi kita stroker menjadi 4.100 Lt. Jadi kapasitasnya naik dari 3.8 Lt menjadi 4.1 Lt. Untuk Camshaftnya masih pakai HKS yang lama, tapi valve dan valve springnya saya upgrade lagi untuk imbangin stroker kit tadi.

Sementara mesin sudah di upgrade kita juga lagi ngerakit transmisi, yang mana kita upgrade lagi supaya lebih kuat. Karena nanti ini mobil estimasi hpnya sudah hampir 1000 lebih. Untuk kaki-kakinya kita belum sentuh  atau masih standar. Body juga belum kita sentuh. Karena kita semua fokus lebih banyak di mesin” terang Setiady Sungkono, pemilik sekaligus tuner ART Jakarta.

Dan InsyaAllah debut perdana Tiger Kembali lagi yaitu test perdananya dengan melawan Suzuki Hayabusha 1000 hp drag spec milik saya. Semoga semua nya berjalan sesuai rencana dan lancar” tutup H. Dadang yang ternyata juga memiliki sebuah Hayabusha tahun 2007 yang merupakan generasi pertama dari motor berkapasitas 1299cc 4cylinder DOHC 16 valve ini. Dimana motor produksi masal tercepat didunia ini di modif di workshop Krom Work oleh sang builder Andika Pratama yang merupakan anak dari builder senior Dodi Chrome Cycle.

Oleh Andika yang merupakan teman touring Harley Haji Dadang ini,  tenaga stock 151 hp NAi akan di rubah menjadi turbo untuk melawan Tiger GTR nya H. Dadang. Untuk sektor mesin custom turbo built with Garrett Internal yang mampu mensupport sampai lebih dari 400 hp, 38mm tial external wasgate, 304 grade stainless steel header and flanges,  swingarm extended (custom), handlebar clip on, Mickey Thompson 3221 26/7-17 ET drag slick (rear). Sementara untuk ban depannya menggunakan Bridgestone Battlax BT-015. Dan akhirnya diotaki oleh ECU Editor maps. “Estimasi dari tenaga dari Hayabusa Turbo Drag milik H. Dadang sekitar 350-400 hp keatas untuk turbo stage 1. Tergantung penerapan parts pendukung lainnya.. Kalo untuk time, harusnya dapat 10 detik kebawah” Terang builder yang nantinya juga akan menjadi pilot Hayasbusa ketika duel dengan Tigernya H. Dadang.

Menurut H. Dadang project The New Tiger ini akan rampung sekitar bulan Maret 2021. Namun bukan berarti mesin dan gearbox sudah nancep dan sudah berbentuk mobil, lantas tiger bisa langsung diajak bercinta di atas lintasan. Ada prosedure yang harus dilalui oleh GTR berkelir kuning ini sebelum mulai mengaspal, yaitu engine break in aliar in reyen. Supaya semua part didalam mesinnya menyatu dengan sempurna (kompresi padat dll),  dan tidak kaget ketika diajak olahraga oleh Pak Haji. Estimasi proses in reyen nya memakan waktu kurang lebih 2- 3 bulan.

Setelah proses in reyen selesai, barulah masuk ke fine tuning sambil  diajak olahraga bareng Suzuki Hayabusha milik Pak Haji. Dimana  400 hp Hayabusa turbo yang dipiloti oleh builder Andika dari Krom Work akan menjadi patokan tuning atau performance dari Tiger. Kalo semua sesi sudah selesai dilewati dengan sukses dan lancar. Barulah si Tiger diperkenalkan kehadapan public Indonesia atau go public di debut perdananya atau back in quater mile business. Yang targetnya adalah mempertajam best timenya di Sentul (9,8 detik), dan tentu saja personal recordnya H. Dadang di Malaysia 2013 (9,6 detik).

So kemungkinan besar Anda baru akan bisa melihat si 1200 HP Tiger dengan Haji Dadang beraksi di lintasan pada Sentul Drag Fest round 2 pada bulan Juni 2021 atau setelah lebaran. ” Untuk Sentul Drag Fest putaran pertama saya absen dulu, karena Tiger masih dibangun. InsyaAllah saya dan Tiger akan kembali meramaikan lagi dunia drag race di Indonesia pada putaran ke-2 nya.

Termasuk juga melanjutkan cita-cita awal saya bersama Tiger, yaitu menjadi GTR yang tercepat di Asia Tenggara. InsyaAllah saya dan Tiger akan Kembali lagi ke Sepang ” terang H. Dadang mengenai cita-cita kedepannya di dunia drag race bersama Tiger.

H. DADANG & THE TIGER PROLOGUE, PT.1

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!