AP SPEED : CRASH! BOOM! BANG! IN RD.2

Rio Rian Racing dan AP Speed kembali lagi ke balap touring ISSOM seri ke-2 yang di adakan pada tanggal 2-3 Juli 2022 yang lalu di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat. Dari 4 race yang di ikuti, duo kakak beradik asal kota Suroboyo, Rio R. Bramantio dan Rian Risky berhasil menyumbangkan sebanyak 9 piala dari total 12 paiala yang didapatkan tim ini.

Duo kakak beradik asal kota Surabaya ini masih mengandalkan Honda Civic Estilo dengan power unit berupa B18 Turbo (Rio), dan K20R (Rian) yang sudah menemani mereka dari musim balap 2016 yang lalu. Rio sendiri masih belum berjodoh dengan ban barunya Nangkang AR-1 17’inch dibandingkan dengan Achilles ATR K Sport 15’inch yang performancenya bisa mengantarkannya ke zona 1:42. Sementara sang adik, yaitu Rian Risky sepertinya sudah berjodoh dengan AR-1 nya.

Lain mobil lain medan perangnya. Jika ke-2 Estilo tadi sudah jelas ban dan harganya. Maka ke-4 Honda Brio AP Speed di pusingkan dengan masalah harga ban Advan Neova yang mencapai hampir 2 jt untuk ring 15 nya. Dimana at least 1 mobil makan 3-4 (12-16 pcs), kalo mau ambil paket hematnya bisa 2-3 set. Dan itu hanya bisa dimakan dari hari Sabtu (QTT), dan Minggu saja (Race). Bayangkan kalo Anda mulai latihan dari hari Kamis dan Jum’at? Itulah mengapa balapan OMR kali ini begitu mahal dibandingkan dengan balapan mobiil spec modif seperti di ETCC atau STCR yang pakai ban 17 keatas.

So untuk mengatasi pemborosan ban jadilh tire management di AP Speed yang di komandani oleh pembalap utama sekaligus test driver AP Speed yaitu M. Herdy. Dimana pembalap asal kota Cianjur ini sudah melakukan test drive ke-6 mobil balap AP Speed mulai dari hari kamis. Sementara pada saat hari Sabtu (official practice day & QTT), dan Minggu (race day) juara umum JSTC 1B 2018 ini mengecek permukaan ban, merotasi, dan mengganti ban dari ke-4 mobil Honda Brio AP Speed yang race sebanyak 2 kali (HBSC & ITCR 1200).

” Senang sekali rasanya bisa balik ke Sentul untuk balap touring setelah libur lebaran hampir 4 bulan lamanya.

Dan pada seri ini juga pit AP Speed biasanya hanya ada saya, Rian, dan mas Aris. Kali ini tambah rame dengan adanya mas Dhani dan mas Lando dari Kalimantan Selatan yang akan ikut bersama saya dan mas Aris meramaikan race Honda Brio Speed Challenge dan juga Kejurnas ITCR 1200″ terang Rio R. Bramantio yang pada seri kemaren memakai race suit Williams Racing F1 ex V. Bottas.

Dimana Ferlando Herdian ( racesuit biru) dan Warndani merupakan pembalap dari HY 33 Racing Team Kalimantan Selatan yang akan memperkuat pasukan tempur AP Speed di balapan one make race Honda Brio Speed Challenge (rookie class), dan Kejurnas Indonesia Touring Car Race 1200 (Promotion Class).

Sementara Rian Risky yang sengaja bangun siang karena jadwal race nya setelah jam 12 siang (13:55 – STCR 2) akan tetap bertarung di STCR 1 dan STCR 2 dengan Tomahawk EG6 K20R nya.

Comments

comments!